Perkuat Ekonomi Masyarakat, Diskopumdag Tuban Berupaya Aktifkan Ratusan Koperasi

Perkuat Ekonomi Masyarakat, Diskopumdag Tuban Berupaya Aktifkan Ratusan Koperasi Kabid Koperasi Diskopumdag Tuban, Suwanto.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Diskopumdag) Kabupaten mencatat ratusan kondisinya tidak sehat. Oleh karena itu, sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat, Diskopumdag berupaya menghidupkan kembali yang saat ini dinilai tidak sehat.

Kabid Koperasi Diskopumdag , Suwanto menyampaikan, saat ini, di Kabupaten tercatat ada 1324 . Namun, berdasarkan data di Kementerian Koperasi separuh lebih yang ada kondisinya tidak sehat.

"Sekitar 700 kondisinya tidak aktif dan kurang sehat. Untuk itu, tahun ini kita targetkan 125 aktif kembali," ungkapnya saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Senin (22/8/2022).

Mantan Kabid Pariwisata ini menjelaskan, yang tidak aktif disebabkan beberapa faktor. Diantaranya, tidak menyelenggarakan rapat anggota tahunan, pertanggungjawaban ataupun rapat anggota rencana kerja selama 2 tahun berturut-turut. Serta, rasio antara modal sendiri dengan sisa hasil usaha keuntungannya kecil.

"Faktor lainnya karena modal simpanan yang mengendap akibat tidak ada yang pinjam dari anggotanya, sehingga perputaran keuangan lambat," tuturnya.

Sedangkan, untuk mengaktifkan ratusan itu, pihaknya dibantu Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan untuk melakukan pendampingan memfasilitasi, dan mediasi penanganannya. Serta, membantu menyelesaikan kemacetan tunggakan pinjaman dan lain sebagainya.

"Untuk langkah awal ini, kami prioritaskan yang berbasis kehutanan dan berbasis gender, seperti di bawah naungan Muslimat, Fatayat, maupun Aisyiyah," ujarnya.

Selain itu, rata-rata yang tidak aktif adalah yang sejak dibentuk untuk memfasilitasi program tertentu dari kementerian atau lembaga tertentu sebagian ada yang tidak aktif.

"Terbanyak dari sektor kehutanan, gayung bersambut tahun ini KLHK ada program masyarakat desa hutan. Dan di Kabupaten ada ratusan, yang aktif hanya kisaran 3 sampai 5 ," tambahnya.(gun/rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO