Meriahkan HUT RI ke-77, Warga Manukan Lor Surabaya Sulap Kampungnya jadi Kampung Kartun

Meriahkan HUT RI ke-77, Warga Manukan Lor Surabaya Sulap Kampungnya jadi Kampung Kartun Seorang remaja putra tampak serius mewarnai sebuah gambar kartun karakter burung garuda.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sudah menjadi tradisi setiap memasuki bulan Agustus, dalam menyambut yang jatuh pada tanggal 2022 mendatang, seluruh masyarakat Indonesia menyambutnya dengan beragam kegiatan. Mulai dari menggelar lomba-lomba hingga pemasangan atribut kemerdekaan di kampung, sekolah, hingga instansi pemerintah dan swasta.

Tak terkecuali apa yang sudah dilakukan oleh masyarakat di , khususnya di Gg IIIA, RT 03/RW 12, , . Mereka juga menghias kampungnya dengan atribut-atribut kemerdekaan. Seperti pemasangan bendera Merah Putih di sepanjang kampung, baliho, serta pernak-pernik lainnya khas perayaan . Termasuk mengecat tepian jalan kampung.

Menariknya, warga tak hanya sekadar mengecat tepian jalan. Lebih dari itu, mereka melukis jalan kampung yang umumnya sudah berpaving tersebut dengan berbagai karakter hingga tokoh kartun atau animasi. Mulai dari lambang Surbaya, logo Persebaya Surabaya, matahari, bumi, naga, pelangi, garuda, ikan, slogan Wani, hingga Hakim Bao.

Sedangkan tokoh-tokoh kartun yang dilukis ada di film layar lebar hingga serial televisi. Seperti Kungfu Panda, Doraemon, Naruto, Sonic The Hedhoc, Stitch Pink, Teddy Bear, The Flintstone, Bus Tayo, Shaun The Sheep, Minions, Spongebob, Patrick, dan masih banyak lagi yang lainnya.

(Para seniman beraksi pada saat siang dan malam hari)

Bahkan, ada pula yang melukis sebuah permainan tradisional berupa engklek atau engkle. Hal ini membuat anak-anak setempat sangat senang karena sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk mencorat-coret jalan saat akan memainkan permainan jadul tersebut.

Sunardi, Ketua RT 03/RW 12, , , menjelaskan bahwa ide melukis jalan kampung menjadi itu berawal saat ia menerima ratusan kaleng cat sisa proyek dari seorang rekannya pada akhir bulan Juli 2022.

Mendapat ratusan kaleng cat secara gratis itu, ia lalu mengumpulkan sejumlah warganya yang terdiri dari para pemuda dan karang taruna. Karena waktunya pas menjelang bulan Agustus, mereka pun sepakat menggunakan cat tersebut untuk mengecat jalan kampung.

Simak berita selengkapnya ...