Warga Kampung Kanalan Lateng Banyuwangi Gelar Upacara Peringatan HUT RI ke-77

Warga Kampung Kanalan Lateng Banyuwangi Gelar Upacara Peringatan HUT RI ke-77 Suasana Upacara 17 Agustus yang digelar Warga Kampung Kanalan Lateng, Banyuwangi.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Hari ini Rabu (17/8/2022), masyarakat seantero Indonesia melaksanakan upacara bendera HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Tak terkecuali warga di RW 3 Lingkungan Kebon Jeruk (), , .

Bapak-Bapak, Ibu-Ibu, remaja putra dan putri hingga anak-anak ambil bagian dalam upacara bendera yang dilaksanakan secara sederhana di lapangan sepak bola setempat. Upacara bendera semakin seru dengan para pesertanya yang mengenakan pakaian yang beragam nan unik. 

Ada yang memakai pakaian adat, PKK, berdandan ala ustad, santri, pelajar, dan bahkan ada yang menyerupai penari Seblang, tarian magic khas . Peserta dan warga tampak khidmat, menghayati kesakralan pengibaran bendera merah putih, serta pembacaan teks UUD 45, Pancasila, dan Proklamasi.

Ketua RW 3, Lingkungan Kebon Jeruk, , , Bambang, bertindak sebagai pemimpin upacara. Dalam amanatnya, purnawirawan TNI AD ini menyampaikan bahwasanya upacara bendera ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77.

"Di mana 77 tahun lalu tepatnya pada Jumat 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaannya atas para penjajah. Hari ini seluruh Bangsa Indonesia memperingati hari bersejarah. Yakni hari Kemerdekaan Indonesia ke-77. Upacara ini juga untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang mengorbankan jiwa dan raga demi Kemerdekaan Negara Republik Indonesia," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, selama 350 tahun lebih Indonesia dijajah oleh Belanda dan 3,5 tahun oleh Jepang. Kemerdekaan bangsa Indonesia ini pun tak diraih dengan mudah. Banyak tetes darah, harta, dan nyawa para pahlawan melayang dalam peperangan demi merebut kemerdekaan.

Lihat juga video 'Cuaca Kurang Bersahabat, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Ditutup':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO