Purnatugas, Danpussenarm Tengok Benteng Van den Bosch dan Pamitan ke Jajaran Armed Ngawi

Purnatugas, Danpussenarm Tengok Benteng Van den Bosch dan Pamitan ke Jajaran Armed Ngawi Danpussenarm saat melihat bangunan benteng pendem. Foto : ist.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Komandan Pusat Senjata Artileri Medan (), Mayjen. Totok Imam Santoso berpamitan ke batalyon jajarannya setelah resmi purna tugas dari jabatannya, Senin (15/08/2022).

Dalam agendanya, ia juga menyempatkan mampir di Benteng Van den Bosch yang berjarak sekitar 2 Km, dari Pusat Kota .

Dengan didampingi Danyon Armed 12 Letkol. Arm. Didik Kurniawan, Dandim 0805 Letkol. Inf. Adi Wirawan, dan Bupati Ony Anwar Harsono, Mayjen. Totok melihat secara dekat bangunan peninggalan jaman kolonial Belanda tersebut.

Selama melihat bangunan cagar budaya tersebut, perwira tinggi yang akan menjabat Pangdam VII Hasanudin itu mengaku kagum dengan bangunan tua yang sedang direvitalisasi tersebut.

"Saya ini tadi sebenarnya acara pamitan, tetapi sama Pak Bupati diajak mengunjungi benteng. Sebenarnya dulu pernah ke sini, tetapi kondisinya masih berserakan. Kalau sekarang sudah bagus," ungkapnya.

Ia berharap, nantinya bangunan bersejarah itu dapat dikelola secara bersama-sama antara TNI dengan pemerintah daerah, dan bisa mengangkat nama kabupaten dengan adanya peninggalan kolonial Belanda.

Menurutnya, bangunan tua itu dapat meningkatkan rasa nasionalisme serta menumbuhkembangkan akan pengetahuan sejarah Indonesia.

"Saya yakin dengan adanya benteng ini kabupaten akan lebih terangkat. Kalau saya mengharapkan bahwa bangunan ini termasuk cagar budaya untuk dikelola dengan baik," pungkasnya. (nal/rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO