Gelar Pawai Ta'aruf, Cara Pesantren Thoriqul Ulum Sambut HUT ke-77 RI dan Tahun Baru Islam

Gelar Pawai Ta Suasana pawai ta'aruf.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren (YPP) Thoriqul Ulum, Pacet Mojokerto, menggelar pawai ta'aruf, Sabtu (13/8/2022) pagi. Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati 1 Muharam 1444 Hijrah, sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sebanyak 2.500 peserta yang mengikuti pawai ta'aruf kali ini. Rombongan start dari SMK Troriqul Ulum, kemudian menyusuri sekitaran ruas Dusun Trece Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Pawai semakin meriah karena peserta mengenakan baju daerah, serta menampilkan replika Ka'bah dan Al-Qur'an. Bahkan ada peserta khusus yang mengenakan pakaian paskibra, serta iringan musik drumband dari siswa-siswi MTs Thoriqul Ulum.

"Kegiatan dalam pawai ta'aruf ini bertujuan menumbuhkan semangat keagamaan dalam perayaan peringatan hari besar islam, serta meningkatkan ukhuwah islamiyah dan mendukung pelestarian budaya masyarakat. Serta kegiatan pawai ini untuk menyambut Hari Kemerdekaan Negara Rebuplik Indonesia pada 17 Agustus," ucap KH. Munawir Pengasuh Pondok .

Menurutnya, peserta pawai ta'aruf kali ini berasal lembaga madrasah ibtidaiyah (MI), madrasah tsanawiyah (MTs), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan santri-santri Pondok .

Sementara itu, Winanto, panitia kegiatan pawai ta'aruf, menyebutkan bahwa kegiatan tersebut juga mengajarkan anak didik untuk peduli sesama. "Program kegiatan tahunan ini salah satu rangkaian untuk menciptakan rasa persaudaraan sesama muslim untuk mewujudkan Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik," pungkasnya. (den/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO