Menteri Sandi Apresiasi Langkah Bupati Bojonegoro Wadahi Pelaku Industri Kreatif

Menteri Sandi Apresiasi Langkah Bupati Bojonegoro Wadahi Pelaku Industri Kreatif Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (27/7/2022).

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif () melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bojonegoro, , Rabu (27/7/2022). Sandiaga mengawali kegiatan dengan membuka Bimtek SDM Ekraf Temu Teman Insan Kreatif (Tematik) subsektor periklanan.

Acara tersebut merupakan upaya Kemenparekraf menambah lapangan kerja di sektor wisata. Bimtek dihadiri 100 peserta dari pelaku industri kreatif seperti sub-sektor kriya dan sub-sektor makanan minuman.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah disela menyambut Sandiaga dan rombongan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk peningkatan ekonomi kreatif. Pemkab juga akan membangun Gedung Bojonegoro Creative Hub (BCH) pada tahun ini.

"Di ujung tahun nanti, Pak Menteri juga akan meresmikan Gedung Bojonegoro Creative Hub. Ini adalah upaya pemerintah Bojonegoro memberikan fasilitas pada pelaku ekonomi kreatif," ujar Bupati Anna.

Langkah itu diapresiasi . Dia menilai langkah Bupati Anna merupakan strategi yang tepat. Hal itu menunjukkan komitmen Pemkab untuk memberi ruang kreatif bagi industri baru ini.

"Ke depan yang hadir ditemu teman insan kreatif ini kita usahakan menjadi bagian dari BCH," terang Menteri Sandi.

Ekonomi kreatif saat ini banyak sekali diminati masyarakat khususnya anak muda. Ekonomi kreatif juga memberi nilai tambah setiap industri. Oleh karena itu, Pemkab Bojonegoro harus memberi fasilitas ruang publik.

Ketua Komite Ekonomi Kreatif Bojonegoro Handoko SHW menuturkan, komite ekraf telah melakukan FGD pemetaan ekonomi kreatif di daerah dan telah memberi rekomendasi kepada lintas OPD. "Semua bertujuan bersama membangun ekonomi kreatif," ucapnya.

Terkait rencana pembangunan gedung BCH, ia berharap bisa segera direalisasikan melalui DPKP Cipta Karya. Sebelumnya, rancangan Gedung BCH juga diserahkan kepada pelaku industri kreatif sub sektor animasi dan desain interior yang merupakan putra putri terbaik daerah pada bidangnya.

"Pembangunan ekonomi kreatif memang wajib disisir dari bawah. Ini sejalan dengan semangat Ibu Bupati untuk membangun Bojonegoro yang partisipatif. Tahun lalu kami mengajak para konten kreator khusunya animasi dan desain interior untuk membuat perencanaan BCH. Dan tahun ini telah diwujudkan oleh Bupati," ucapnya menambahkan. (nur/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Murah Meriah, Wisata Lembah Djati Tawarkan Kebun Bunga dan Spot Foto Instagramable':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO