Sambut KTT G-20, Gubernur Khofifah Bakal Percantik Anjungan Jatim di TMII

Sambut KTT G-20, Gubernur Khofifah Bakal Percantik Anjungan Jatim di TMII Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi sejumlah kepala OPD saat melakukan peninjauan Anjungan Jawa Timur, di Kompleks TMII, Jakarta Timur, Selasa (19/7/22).

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur bakal mempercantik dan memperkuat konten di Anjungan Jawa Timur di (). Hal ini dilakukan untuk menyambut dan mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. 

Renovasi Anjungan Jawa Timur di ini seiring dengan renovasi yang juga dilakukan Pemerintah Pusat jelang . Renovasi tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang meminta para kepala daerah untuk merenovasi anjungan daerahnya masing-masing di .

Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa pun sudah melakukan peninjauan untuk mengawali rencana tersebut. Pihaknya sekaligus melakukan rapat koordinasi terbatas dengan beberapa Kepala OPD Pemprov di Anjungan Jawa Timur, Kompleks , Jakarta Timur, Selasa (19/7/22).

Dalam kesempatan itu, Gubernur meninjau secara detail bangunan-bangunan yang ada di Anjungan Jawa Timur. Seperti replika Candi Penataran di bagian depan pintu masuk, bangunan khas kabupaten/kota di Jatim seperti bangunan rumah adat dapur Pacitan, rumah adat Bangkalan, rumah adat Sumenep, rumah adat Situbondo, Pendopo Ponorogo, rumah dokar, bangunan panggung kesenian, serta joglo.

Hasil peninjauan itu, Gubernur memberikan sejumlah catatan untuk perbaikan. Baik pembenahan fisik maupun konten yang ditampilkan di Anjungan Jawa Timur ini. Ia menginginkan agar daya tarik dan potensi masing-masing kabupaten/kota di Jatim lebih dimaksimalkan lagi.

“Dari hasil peninjauan Pak Mendagri ke anjungan-anjungan daerah yang ada di pada tanggal 17 Juli lalu, sebenarnya ini masuk kategori perbaikan ringan. Namun kami akan memaksimalkan, terutama dalam mengangkat potensi kabupaten/kota di Jatim untuk trade, tourism dan investment (TTI),” katanya.

Selain pembenahan fisik, lanjut , pihaknya juga akan melengkapi Anjungan Jawa Timur dengan teknologi sebagai upaya digitalisasi. Antara lain, dengan menggunakan artificial intelligence untuk menampilkan konten wisata dan budaya. Sehingga pengunjung bisa menikmati walaupun belum berkunjung langsung ke lokasi tersebut.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO