Pengumuman Lomba Kreasi Video TikTok HUT ke-8 BANGSAONLINE.com

Pengumuman Lomba Kreasi Video TikTok HUT ke-8 BANGSAONLINE.com

SURABAYA, .com - Sebelumnya, Panitia Lomba Kreasi Video TikTok HUT ke-8 .com menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan pengumuman pemenang lomba ini. Ada sejumlah alasan mengapa kami menunda pengumuman pemenang lomba bertajuk 'Ayo Bantu UMKM' ini.

Aulia Rahman, Ketua Panitia Lomba HUT ke-8 .com, mengatakan karya video yang dikirimkan para peserta membuat dewan juri harus berdiskusi panjang untuk menentukan pemenang. "Karena karya peserta banyak yang bagus. Dewan juri sempat kesulitan untuk menentukan pemenang, karena masing-masing juri punya pandangan tentang video yang dinilai layak jadi pemenang," katanya.

Alasan kedua, karena banyak peserta yang masih mengirim karyanya hingga menjelang pengumuman lomba. Sedianya, batas pengiriman karya ditutup pada pada 7 Juli, dan pemenang diumumkan pada tanggal 13 Juli. Namun, hingga tanggal 14 Juli masih ada yang mengirimkan karya.

"Setelah berdiskusi, kami (dewan juri) akhirnya sepakat bahwa hanya karya yang dikirimkan sampai 7 Juli saja yang bisa dinilai," ujar bujang 31 tahun yang akrab disapa Ambon ini.

Emwin, salah satu dewan juri, menyebut lebih dari 50 peserta yang mengirimkan karyanya untuk mengikuti lomba ini. Dan, semua karya itu sudah diunggah di akun TikTok .com. "Sedangkan yang mengirimkan karyanya melewati batas waktu yang ditentukan panitia (7 Juli) ada 20-an orang," sebutnya.

Pria yang bertugas sebagai editor video .com ini menjelaskan, bahwa juri melakukan penilaian berdasarkan kesesuaian tema, keunikan, dan kreativitas pembuatan video. "Selain itu, jumlah viewers dan interaksi seperti like dan komentar juga menjadi pertimbangan juri," terangnya.

Menurut Emwin, dari puluhan video yang diterima oleh panitia, ada beberapa yang tidak sesuai dengan tema yang diminta. "Sayang, padahal secara teknis editing dan kreativitas sudah sangat bagus," katanya.

Arif, dewan juri lainnya, mengapresiasi para peserta yang telah mengirimkan karyanya. Apalagi, kata dia, ada beberapa video yang mengandung pesan mendalam untuk mengajak masyarakat membeli produk-produk UMKM. "Pengemasan videonya bagus, sampai ada yang membuat lagu rap untuk mempromosikan batik," kata Kepala IT .com ini.

Sementara Pemimpin Perusahaan .com, Revol Afkar, mengatakan tujuan lomba ini adalah untuk membantu UMKM, sebagaimana tema HUT ke-8 kali ini, yaitu 'Bangkit Bersama Pasca Pandemi'.

"Melalui lomba ini, kami ingin mempromosikan produk-produk UMKM melalui TikTok .com yang memiliki 3,8 juta lebih follower. Jadi secara tidak langsung, kami turut memasarkan produk-produk UMKM dengan harapan bisa meningkatkan penjualan mereka," tukasnya.

Revol juga berterima kasih kepada sejumlah pihak yang mendukung pelaksanaan HUT ke-8 .com kali ini, antara lain Pemkab Gresik, PTPN XII, dan Jatim Park Group.

Lihat juga video 'Setahun Tak Ada Kabar, Korban Longsor di Desa Ngetos Nganjuk Tagih Janji Relokasi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO