Anggota DPRD Kabupaten Kediri ini Realisasikan Pokir di Desa Sumberejo

Anggota DPRD Kabupaten Kediri ini Realisasikan Pokir di Desa Sumberejo Anggota Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Kediri, Khusnul Arif, saat menyalami salah satu warga yang ikut program padat karya. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Anggota Fraksi NasDem DPRD Kabupaten , Khusnul Arif, telah merealisasikan Pokok-pokok Pikiran (Pokir) TA 2022. Kali ini, ia melakukan hal itu dengan program padat karya pembangunan jalan rabat beton di Desa Sumberejo, Kecamatan Ngasem, Selasa (14/6/2022).

"Dalam pembangunan jalan rabat beton di Dusun Dadapan, Desa Sumberejo, Kecamatan Ngasem tersebut, para pekerjanya berasal dari masyarakat setempat. Dalam sehari bisa sekitar 60-an warga turut bekerja membangun jalan rabat beton untuk mempermudah akses masyarakat dan pelaku UMKM menuju lokasi perdagangan," ujarnya, Rabu (15/6/2022).

Menurut dia, dalam pasal 78 ayat (2) dan (3) Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 disebutkan bahwa dalam penyusunan RKPD Awal, dewan memberikan rancangan dan pendapat berupa Pokir DPRD berdasarkan hasil reses atau penjaringan aspirasi masyarakat, sebagai masukan dalam perumusan kegiatan. Lokasi kegiatan dan kelompok sasaran yang selaras dengan sasaran pembangunan yang telah ditetapkan dalam RPJMD.

Mas Pipin (sapaan akrabnya) berharap, program Pokir dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, perekonomian warga bertambah, dan memberikan kemudahan akses jalan menuju lokasi perdagangan UMKM sesuai yang digagas Kepala Desa Sumberejo bersama perangkat desa.

Sementara itu, Kepala Desa Sumberejo, Dwi Santoso, menyebut pihaknya selalu berusaha untuk mencari solusi agar membangkitkan kembali ekonomi masyarakatnya, yakni dengan membuka lapangan pekerjaan baru. Karena tidak mungkin masyarakat terus menerus cuma menggantungkan hidupnya pada BLT (Bantuan Langsung Tunai) dari pemerintah.

"Alhamdulillah, sejalan dengan rencana Pemerintah Desa Sumberejo untuk membangkitkan ekonomi masyarakat dengan cara membangun akses jalan rabat beton supaya memudahkan warga berdagang, di waktu sama juga ada dukungan dari anggota Fraksi NasDem DPRD Kabupaten , Khusnul Arif, berupa Pokir APBD tahun anggaran 2022 untuk padat karya," kata Dwi.

Ia menilai, program padat karya ini direalisasikan guna melaksanakan pembangunan jalan rabat beton yang memiliki fungsi sangat penting bagi masyarakat dan pelaku UMKM sebagai akses jalan menuju pusat perdagangan.

"Program padat karya ini tentunya juga sangat membantu masyarakat yang saat ini membutuhkan lapangan pekerjaan. Kami atas nama Pemerintah Desa dan warga Sumberejo mengucapkan terima kasih kepada Mas Pipin (Khusnul Arif, S.Sos). Semoga bantuan ini benar-benar membawa manfaat dan barokah," urai Dwi.

Sebelumnya, Mas Pipin juga membantu pelaksanaan pagelaran dan Bursa Keris dengan tema Titik Temu di area Masjid Joglo Rahmatan Wa Salaman, Dusun Cangkring, Desa Titik, Kecamatan Semen, Kabupaten ,  Sabtu (11/6/2022) lalu.

Saat itu, ia menyebut kegiatan ini merupakan bagian dari Pokir DPRD Kabupaten TA 2022 di antaranya untuk nguri-uri budaya, dan salah satunya Pagelaran dan Bursa Keris Titik Temu, yang dilaksanakan selama dua hari (11-12 Juni 2022). (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO