Cegah Penyebaran PMK, BPBD Jatim Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Cegah Penyebaran PMK, BPBD Jatim Lakukan Penyemprotan Disinfektan Tim BPBD Jatim saat menyemprotkan disinfektan guna mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tim dari BPBD Jawa Timur (Jatim) melakukan penyemprotan disinfektan guna mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku () pada hewan ternak di wilayahnya. Kabid Kedaruratan dan Logistik (KL) ,, memastikan hal tersebut.

"Ini upaya kami dalam mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak di Jawa Timur," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Senin (23/5/2022).

Setelah sebelumnya berkeliling ke enam kabupaten di Jatim, Tim Reaksi Cepat (TRC) melanjutkan aksinya di wilayah Kabupaten Malang. Dua pasar hewan yang menjadi sasaran penyemprotan kali ini ialah, Pasar Hewan Karangploso dan Singosari.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala UPPD Pasar Karangploso, Sumaryah; Kasi Opdal Satpol PP Kabupaten Malang, Rusianto; Wakapolsek Singosari, AKP Basius; Danramil Singosari, Kapten Bambang W; Pasiops Kodim Malang, Kapten Arm Budi S; perwakilan Disnak Kabupaten Malang, Anung Wibowo; Dishub Kabupatan Malang, dan Agen Bencana Jatim wilayah Malang.

Sebelumnya, Tim juga telah melakukan aksi yang sama di Pasar Hewan Tutur Kabupaten Pasuruan. Aksi ini melengkapi kegiatan disinfeksi yang dilakukan di tiga pasar hewan sebelumnya, Pasar Hewan Gempol, Pandaan dan Sukorejo.

Berdasar data terbaru dari Posko Pemprov Jatim hingga Jumat (20/5/2022), penyebaran penyakit mulut dan kuku pada ternak di Jatim telah meluas di 18 daerah dengan jumlah ternak terkonfirmasi suspek sebanyak 7.542 ekor.

Dari jumlah tersebut, ternak dalam kondisi sakit sebanyak 6.313 ekor, sembuh 1.151 ekor dan mati sebanyak 78 ekor. Adapun tambahan sebaran baru daerah terkonfirmasi ternak, adalah, Kab. Bojonegoro, Kab. Tuban, Bangkalan dan Kota Probolinggo. (mdr/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Plt Bupati Nganjuk Launching Vaksin PMK di Loceret':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO