Bebas Tiga Bulan Lagi, Umar Patek: Saya Siap Diminta Lapas Bantu Proses Deradikalisasi

Bebas Tiga Bulan Lagi, Umar Patek: Saya Siap Diminta Lapas Bantu Proses Deradikalisasi Kakanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji (kanan) bersama Umar Patek, serta Kalapas I Surabaya Jalu Yuswa Panjang.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Program di Lapas I Surabaya mendapatkan atensi dari Zaeroji. Dia menyempatkan diri untuk berdiskusi dengan salah satu tokoh narapidana kasus () di Lapas Surabaya yaitu Hisyam alias Umar Patek, Selasa (17/5/2022).

Keinginan Zaeroji agar Hisyam bisa terus aktif dalam upaya disambut positif oleh pria yang dinyatakan bersalah dalam kasus Bom Bali itu.

Pertemuan dengan Umar Patek itu berlangsung di Ruang Kerja Kalapas I Surabaya. Didampingi Kalapas Jalu Yuswa Panjang, Zaeroji menyampaikan beberapa harapannya untuk Hisyam. "Saya rasa, peran Ustaz Umar dalam program cukup signifikan," puji Zaeroji.

Dia menjabarkan bahwa Lapas Surabaya menjadi salah satu lapas yang program nya berhasil. Hal ini dibuktikan dengan beberapa kali berikrar setia kepada NKRI. "Sekarang ada tujuh di Lapas Surabaya, dan semuanya sudah menyatakan setia kepada NKRI," ujar Zaeroji.

Salah satu kuncinya, lanjut Zaeroji, adalah pengaruh dari para 'senior' . Untuk itu, dia berharap dukungan untuk membimbing para ini terus ada. Sehingga, akan semakin membantu negara dalam upaya . "Kami mohon doa dan tolong teman-teman dibimbing agar kembali ke NKRI," lanjutnya.

Zaeroji juga menekankan akan menjalin komunikasi yang baik. Dia mempersilakan Umar bila ada keluhan atau saran yang akan disampaikan. "Jika ada pelayanan kami yang kurang baik, silahkan sampaikan, akan segera kami perbaiki," pesannya.

Di sisi lain, Umar Patek menjelaskan bahwa sejak dirinya menyatakan kembali ke pangkuan ibu pertiwi, dirinya selalu berkomitmen untuk proaktif dalam program-program . Baik yang diselenggarakan pihak lapas, BNPT maupun lembaga lain. "Selama delapan tahun ini, kami aktif dalam program ," ujar Umar.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Sempat Kabur Bawa Mobil Dinas dan Tabrak Pagar Rudenim, WNA Palestina Diamankan':