Smartfren Sukses Tangani Lonjakan Traffic Ramadan dan Idul Fitri 1443 H

Smartfren Sukses Tangani Lonjakan Traffic Ramadan dan Idul Fitri 1443 H BTS Smartfren di BSD, Tangerang.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com berhasil mengatasi lonjakan traffic yang terjadi sepanjang Ramadan, momen mudik, dan Hari Raya . Sejak awal tahun 2022, Smarfren secara bertahap meningkatkan kualitas jaringan dengan cara perluasan coverage serta optimasi jaringan. 

Dengan demikian, seluruh aspek network telah siap untuk mengantisipasi potensi lonjakan traffic yang terjadi ketika memasuki . Saat momen tahunan itu, terjadi lonjakan traffic internet hingga 10 persen, untuk layanan SMS juga terjadi kenaikan sebesar 8 persen, demikian juga layanan voice terjadi kenaikan 25 persen dibanding lebaran sebelumnya.

“Momen mudik Lebaran dan Hari Raya Idulfitri kali ini menjadi berbeda karena masyarakat kembali bisa mudik ke kampung halaman. Kenaikan traffic internet kali ini dapat diantisipasi dengan baik dan masyarakat bisa terus menikmati layanan internet terbaik dari ," kata VP Network Operations , Agus Rohmat, Senin (16/5/2022).

Lonjakan traffic internet saat itu dipicu oleh meningkatkan kebutuhan internet untuk mengakses streaming video maupun musik, hingga media sosial dengan kenaikan rata-rata di atas 10 persen. Terjadi kenaikan traffic yang signifikan untuk TikTok sebesar 18 persen dan WhatApp 13 persen, kedua aplikasi tersebut banyak digunakan pelanggan selama periode mudik dan Idulfitri.

"Mayoritas kenaikan terjadi di sepanjang jalur mudik, hingga menyebar ke berbagai kota tujuan mudik terutama di daerah Jawa Barat (10 persen) dan Jawa Tengah (18 persen) dan Jawa Timur (6 persen). Bahkan di beberapa kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur kenaikan mencapai di atas 60 persen, Pemicunya antara lain kebutuhan pelanggan untuk mengakses layanan internet di sepanjang perjalanan, dan ketika berada di tujuan mudik,” paparnya menambahkan.

Jaringan telekomunikasi telah dirancang menggunakan desain full redundant dan memiliki teknologi switch over sehingga perubahan kebutuhan kapasitas bisa disesuaikan dengan cepat. Teknologi ini juga berkontribusi mempercepat penanganan jaringan, sehingga gangguan bisa diselesaikan kurang dari satu jam.

Berkat rangkaian antisipasi tersebut, berhasil memperkecil jumlah keluhan pelanggan terkait jaringan hingga sebesar 60 persen selama periode lebaran dan kondisi network juga tidak ada Incident Critical yang menyebabkan gangguan terhadap jaringan .

telah menghadirkan sejumlah produk yang membuat internetan makin nyaman, yaitu melalui promo add-on Unlimited Malam Full-Speed yang bisa ditambahkan ke paket Unlimited Harian dan Unlimited Nonstop.

Pastikan sudah mengaktifkan salah satu dari paket Unlimited tersebut, lalu gunakan aplikasi My untuk mendapatkan Add-on Unlimited Malam Full- (dim/mar). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO