Antisipasi Penularan PMK, Bupati dan Kapolres Pasuruan Cek Sejumlah Kandang Ternak

Antisipasi Penularan PMK, Bupati dan Kapolres Pasuruan Cek Sejumlah Kandang Ternak Bupati Pasuruan H. M. Irsyad Yusuf didampingi Kapolres Pasuruan AKBP Erick Frendriz saat meninjau hewan ternak di Kecamatan Rembang.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Bupati H. M. Irsyad Yusuf Kapolres AKBP Erick Frendriz dan Tiga Pilar Kecamatan Rembang melakukan pengecekan hewan ternak dalam rangka mencegah penyakit mulut dan kuku () di Desa Pandean, Kecamatan Rembang, Kabupaten , Rabu (11/05/2022).

Bupati dan kapolres mendatangi sejumlah kandang, salah satunya milik Nur Hasan, Ketua Kelompok Tani di Dusun Balaipanjang, Desa Pandean, Kecamatan Rembang. Nur Hasan memelihara empat ekor sapi Jawa dan kondisinya masih sehat belum terpapar sakit kuku dan mulut.

Dalam peninjauan tersebut, bupati dan kapolres juga melakukan penyemprotan cairan anti disinfektan pada sapi-sapi tersebut agar tidak terjangkit virus .

Bupati Irsyad menjelaskan bahwa penyakit pada hewan tidak bisa menular kepada manusia. Meski demikian, ia mengimbau kepada pemilik hewan ternak untuk rutin memeriksakan hewan ternaknya ke mantri secara periodik. 

"Saya imbau kepada para pemilik hewan ternak agar selalu rutin memeriksakan hewan ternaknya agar bisa mengetahui kondisi hewan ternak lebih dini guna menghindari terjangkitnya virus ," tegasnya.

Untuk akselerasi pengawasan, Polres mengedepankan bhabinkamtibmas yang bersinergi dengan babinsa di setiap lokasi perdagangan hewan ternak.

"Kami kerahkan bhabinkamtibmas di wilayah Kecamatan Rembang agar bekerja sama dengan babinsa dalam melakukan pengawasan maupun pengecekan hewan ternak baik di setiap kandang para pemilik hewan ternak maupun di pasar yang menjual daging hewan ternak tersebut, untuk menghindari hewan ternak yang terjangkit virus ," ucap Erick Frendriz.

Selain itu, dinas peternakan juga akan menyiapkan pemberian obat-obatan simtomatis untuk hewan ternak yang didistribusikan ke kecamatan untuk mendapat pantauan khusus oleh 3 pilar tingkat kecamatan.

Dalam kesempatan itu, bupati dan kapolres juga sempat ngobrol santai dengan Suud, salah seorang mantri hewan setempat membahas viralnya pemberitaan wabah . Mereka membahas cara mengantisipasi dan penanggulangannya. (maf/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO