Peringati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58, Lasdaun Ikuti Upacara Secara Virtual

Peringati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58, Lasdaun Ikuti Upacara Secara Virtual Para pejabat eselon IV dan V saat mengikuti upacara peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58 secara virtual.

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 tahun ini diikuti oleh seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) secara virtual. Begitu pula dengan (Lasdaun).

Peringatan tahunan kali ini mengambil tema 'Pemasyarakatan PASTI dan BerAKHLAK mewujudkan Indonesia Maju' dengan diikuti oleh para Pejabat Eselon IV dan V. Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lasdaun, , mengatakan bahwa Menkumham berharap agar jajaran memegang komitmen kuat secara bersama dengan memberi kontribusi positif kepada bangsa melalui Hukum dan Ham.

“Sesuai tema Pemasyarakatan ‘PASTI’ dan Berakhlak merupakan ilham untuk melanjutkan perubahan ke arah yang lebih baik,” ujarnya di Ruang Teleconference Lantai 2 Gedung I Lapas Pemuda Madiun, Rabu (27/4/2022)

Dalam perkembangannya, lapas telah mengalami perubahan positif yang sangat signifikan, sehingga mengangkat nilai kepercayaan masyarakat. Bahkan, dalam perjalanan penyebaran virus Corona dari pandemi menuju endemi, Lapas juga merupakan agen pembangunan, memiliki program yang selaras dengan perkembangan jaman

“Contohnya, sistem peradilan perdana terpadu, diharapkan menjadi titik akhir pelaku. Sehingga Pemasyarakatan harus membina anak didik, mendidik menjadi terampil profesional dan siap kerja. Menjadi tenaga terampil setelah selesai masa pidananya. Dari perilaku kriminal menjadi pelaku produktif,” kata Sastra.

Melalui pembinaan, narapidana akan menjadi berdayaguna karena memiliki kemampuan yang dapat digunakan untuk membuka lapangan pekerjaan. Produk-produk buatan narapidana juga menjadi produk unggulan yang dapat bersaing di pasar dalam dan luar negeri.

Pihaknya berharap agar setiap jajaran pemasyarakatan melakukan upaya-upaya pencegahan sebagai bentuk deteksi dini. Salah satunya dengan rutin melakukan sidak ke kamar hunian warga binaan.

“Tahun kemarin harus menjadi cerminan kita. Harus sering sidak untuk memeriksa outlet-outlet listriknya. Saya ingatkan kembali seluruh jajaran UPT Pemasyarakatan untuk melakukan tindakan pencegahan sebelum terjadi masalah besar. Harus berubah menjadi lebih baik, serta apresiasi setinggi-tingginya atas UPT Pemasyarakatan. Atas penyelesaian masalah yang ada, atas pekerjaan-pekerjaan rumah yang terselesaikan. Semoga di Bulan Suci ini, keringat pengabdian saudara dilipat gandakan menjadi amal sholeh di dunia dan akhirat,” urai Sastra. (dro/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO