Baznas Kota Kediri Diminta Optimalkan Perannya untuk Membantu Masyarakat

Baznas Kota Kediri Diminta Optimalkan Perannya untuk Membantu Masyarakat Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar (duduk kanan), saat didampingi pengurus Baznas Kota Kediri saat menyaluran zakat dengan cara scan QRIS. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com , , menyalurkan zakat melalui Baznas setempat saat Sosialisasi Bayar Zakat, di Ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri, Kamis (14/4/2022). Penyaluran zakat dilakukan dengan memindai QRIS.

Abu menginginkan kolaborasi antara Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri dan Baznas Kota Kediri, sehingga kedua belah pihak bisa saling membantu jika terjadi kendala terkait zakat. Sederhananya, Pemkot Kediri dan Baznas saling mengisi kekosongan yang ada serta selalu berdampingan.

“Contohnya tadi dalam membantu orang sakit itu, di Dinas Kesehatan sudah ada programnya jadi dibantu dari program itu saja tidak masalah. Baznas juga harus punya tim yang menempel di Balaikota, karena saat kita melakukan program-program sosial Baznas harus hadir,” ujarnya.

Ia juga meminta kepada semua yang hadir untuk mengoptimalkan keberadaan Baznas Kota Kediri.  Abu pun menunjuk kepala organisasi perangkat daerah (OPD) sebagai Unit Pengumpul Zakat (UPZ).

“Saya minta, juga ada komunikasi dua arah antara Baznas dengan Pemkot Kediri. Saya juga minta Baznas harus mengoptimalkan perannya, sehingga nanti teman-teman yang mau sedekah, menyumbang Alquran, membantu utang orang bisa juga. Saya harap Baznas juga punya program yang banyak tidak hanya infaq, shodaqoh, zakat,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Ketua II Baznas Kota Kediri, Abdul Basith, mengungkapkan profil, program, dan penyalur zakat, serta infaq atau shodaqoh di Baznas Kota Kediri. Ia berterima kasih kepada Kepala OPD Pemkot Kediri yang dengan ikhlas hati memberikan sebagian hartanya melalui Baznas dalam rangka membangun komitmen serta membangun keikhlasan bersama.

Menurut Abdul, bagi yang sudah ikhlas mudah-mudahan dikuatkan oleh Allah SWT dan bagi yang belum mudah-mudahan pada hari ini akan mulai mensyukuri nikmat Allah dengan cara menyisihkan sebagian dari pendapatan untuk kepentingan orang banyak.

“Karena Allah SWT sudah menjanjikan kalau kita mengeluarkan sebagian dari apa yang telah Allah berikan kepada kita berupa nikmat materi maka Allah SWT akan mengganti dan memberikan berkah,” kata Abdul.

Turut serta juga menyalurkan zakatnya yakni Sekretaris Daerah Kota Kediri, Bagus Alit; Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Kediri, Endang Kartika Sari; Kepala Sekolah SMPN 2 Kediri, Agung Budi Luarno; dan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Kediri, Ahmad Jainudin.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Baznas Kota Kediri, Dawud Syamsuri, beserta pengurus, dan Kepala OPD di lingkungan Pemkot Kediri, lalu kepala Puskesmas se-Kota Kediri, kepala BUMD se-Kota Kediri, dan kepala SMP se-Kota Kediri. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO