Jelang Ramadhan, Inflasi Kota Kediri Terendah di Jawa Timur

Jelang Ramadhan, Inflasi Kota Kediri Terendah di Jawa Timur Lilik Wibawati, Kepala Badan Pusat Statistik Kota Kediri. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - menjadi kota dengan tingkat inflasi terendah di Jawa Timur pada Bulan Maret 2022, yaitu sebesar 0,43% dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 108,23.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya seluruh indeks kelompok pengeluaran. Yaitu: kelompok makanan, minuman dan tembakau inflasi sebesar 0,88%; kelompok pakaian dan alas kaki inflasi sebesar 0,23%; kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga inflasi sebesar 0,02%.

Kemudian, kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga inflasi 0,38%; kelompok kesehatan inflasi sebesar 1,01%; kelompok transportasi inflasi 0,08%; kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya inflasi 0,14%; dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya inflasi sebesar 1,85%.

Lilik Wibawati, Kepala BPS , mengatakan terdapat sepuluh komoditas penyumbang inflasi, antara lain: telur ayam ras sebesar 17,79%; emas perhiasan; cabai merah; cabai rawit; shampo; obat gosok; jeruk; kangkung; anggur; serta bawang merah.

Di samping komoditas yang mengalami kenaikan harga, Lilik juga mengungkap terdapat pula komoditas yang mengalami penurunan.

“Komoditas yang menghambat inflasi kebanyakan dari jenis sayuran, seperti: tomat, pisang, wortel, apel, daging ayam ras, daging sapi, bunga kol, beras, kubis, dan terasi udang,” ujar Lilik, Sabtu (2/4/2022).

Lanjut Lilik menguraikan, bahwa saat ini minyak goreng dan kedelai sudah tidak tergolong dalam komoditas penyumbang inflasi.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO