Bahas Pengembangan Wisata Dolopo Raya, Disparpora Madiun Adakan Rakor

Bahas Pengembangan Wisata Dolopo Raya, Disparpora Madiun Adakan Rakor Kepala Disparpora Kabupaten Madiun Anang Sulistijono (tengah) saat memimpin rakor pengembangan Wisata Dolopo Raya didampingi Direktur Umbul Square dan Camat Dolopo. foto: HENDRO/ BANGSAONLINE

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Madiun mengadakan rakor terkait pengembangan wisata wilayah Madiun Selatan, khususnya , Kamis (24/3/2022).

"Tahun ini kita mempunyai program prioritas terkait pengembangan pariwisata. Yaitu , Wungu Raya, dan Kare Raya," ungkap kepala Disparpora Anang Sulistijono kepada BANGSAONLINE.com usai memimpin rakor.

Menurut Anang, dasar umum pengelompokan area wisata adalah Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Kabupaten (Riparkab) Madiun. Sehingga bisa terbentuk kembali output pariwisata yang diinginkan.

"Output paket wisata dari riparkab nanti akan kita launching saat Hari Jadi Kabupaten Madiun. Sehingga nanti seluruh desa wisata dan wisata desa terkoneksi dengan umbul square sebagai daya tarik utamanya," ujarnya.

Bukan hanya pariwisata, ia berharap nantinya pemberdayaan masyarakat bisa seiring dengan dengan adanya paket wisata tersebut. Karena itu, pihaknya mengajak pengelola dan warga sekitar bersinergi untuk mempromosikan program tersebut.

"Agar semua program paket itu bisa berjalan, maka kita perlu adanya sinergitas dari pengelola wisata, pemerintah, mulai dari desa hingga kabupaten dan masyarakatnya," pungkas Anang

Sedangkan Direktur , Afri Handoko, menuturkan bahwa pihaknya selalu terbuka bagi siapa pun pengelola wisata yang ingin berbagi ilmu. Ia juga akan membantu mempromosikan wisata yang mereka kelola.

"Walaupun kita sudah ada kelonggaran, namun jumlah wisata masih ada pembatasan. Maka kita nanti akan saling berbagi ilmu pengelolaan serta saling mempromosikan. Sehingga para wisatawan bisa mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada. Sehingga mereka tidak berkerumun dan akan tetap bisa mengetahui keindahan yang ada disemuanya dan juga umbul square," terang Afri.

Rakor pengembangan Wisata tersebut juga dihadiri perwakilan dari DPUPR, disnaker, disdagkopum, Camat Dolopo, kepala Desa, Pengelola Wisata Area , hipmi, dan pokdarwis.(dro/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO