Lahan Seluas 3.5 Hektare yang Dulu Tanah Bebatuan Kini Jadi Lahan Produktif Siap Ditanami

Lahan Seluas 3.5 Hektare yang Dulu Tanah Bebatuan Kini Jadi Lahan Produktif Siap Ditanami Lahan tambang galian C di Dusun Gero, Desa Jatidukuh, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Tambang galian C di Dusun Gero, , Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto kini tidak hanya dieksploitasi hasilnya. Tanah seluas 3.5 hektare yang dulunya bebatuan tersebut, kini disulap menjadi lahan produktif yang bermanfaat dan siap ditanami.

Sahrial, pengusaha yang mengelola tambang galian C tersebut mengambil bebatuan yang terkandung dalam tanah, juga memanfaatkan aliran sungai yang tidak beraturan agar bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Rahmad, koordinator lapangan, menjelaskan untuk pemanfaatan lahan yang produktif, dirinya mengajak masyarakat mengembangkan tanaman pangan serta mengembangkan tanaman lokal, seperti jagung, terong, dan rencananya juga tanaman padi.

"Nantinya, kalau sudah selesai reklamasi, semua lahan yang sudah bisa dimanfaatkan dan produktif akan kita serahkan ke masyarakat," jelas Rahmad, saat ditemui di lokasi galian C, Sabtu (12/3/22).

Ismaji (54) Warga Dusun Gero mengaku sangat senang ada pengusaha galian C yang peduli dengan warga sekitar.

"Dulunya tanah bebatuan besar-besar tidak bisa dimanfaatkan, sekarang setelah ada galian bisa ditanami dan dimanfaatkan," ungkap Ismaji dengan raut wajah gembira.

Pria yang berprofesi sebagai petani ini mengungkapkan sudah dampak positif dari pemanfaatan lahan tersebut. Jalan yang dulu hanya setapak, sekarang menjadi lebar. Sehingga nantinya apabila petani panen lebih lancar.

"Sepuluh hari lagi kita panen jagung, dan Insya Allah hasil penjualan panen bisa mencapai keuntungan sekitar Rp8 juta," pungkas Ismaji. (ana/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO