PKK Kota Batu Gelar Peringatan Tahun Emas HKG

PKK Kota Batu Gelar Peringatan Tahun Emas HKG Dewanti Rumpoko, Wali Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Tim Penggerak menggelar peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 Tahun 2022 di Ruang Rapat Bina Bhakti Praja, Kompleks Rumah Dinas Wali Kota, Senin (7/3/22).

HKG PKK ke-50 Tahun 2022 yang mengusung tema "50 Tahun Gerakan PKK, Berbakti untuk Bangsa, Berbagi untuk Sesama," dihadiri oleh Hj. Dewanti Rumpoko, Kepala DP3A, Ketua TP Wibi Asri, dan diikuti oleh TP PKK Kecamatan, Kelurahan/Desa se-Kota Batu.

Dalam sambutannya, Wali Kota Dewanti menyatakan tim penggerak PKK adalah mitra pemerintah dalam menggerakkan roda pembangunan serta merupakan pilar utama dalam menata kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat, serta merupakan wadah bagi pemberdayaan wanita.

"TP PKK desa dan kelurahan adalah ujung tombak, pahalanya akan terus mengalir dalam membantu masyarakat dan keluarga," ucap Dewanti.

Sementara Wakil Ketua II TP , Mistin, membacakan sejarah gerakan pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) di Indonesia. Ia juga membacakan sambutan Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian dengan didampingi jajaran Pengurus .

Menurut Tri Tito Karnavian, sebagaimana dibacakan Mistin, bahwa HKG ke-50 PKK kali ini sangat istimewa karena merupakan peringatan tahun emas gerakan PKK di Indonesia.

“Melalui peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK kali ini, saya mengingatkan agar gerakan PKK kembali pada ruh-nya. Yakni sebagai gerakan masyarakat untuk memberdayakan keluarga. Artinya, keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian kita. Keluargalah yang harus kita berdayakan karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat. Sehingga apabila keluarga-keluarga di Indonesia ini dapat kita berdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya, maka berarti gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan,” terangnya.

“Dua hal pokok yang berkaitan dengan tema HKG 2022 yakni ‘Berbakti untuk Bangsa, Berbagi untuk Sesama’, menurut Tri Tito Karnavian, adalah jiwa kerelawanan gerakan PKK menjadi dasar bagi Bhakti PKK untuk Bangsa dan berbagi untuk sesama dan saling membantu merupakan inti program gerakan PKK”.

Tri Tito Karnavian juga berharap, PKK mampu menyelaraskan program dengan kebijakan pemerintah dengan pola pendekatan sosial, sehingga bisa meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan. (adi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO