Tim Gabungan Kediri Cek Tanah Retak di Lereng Wilis

Tim Gabungan Kediri Cek Tanah Retak di Lereng Wilis Tim gabungan saat mengecek tanah retak yang sudah ditutup terpal di Dusun Kalibago, Desa Kalipang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tim gabungan kembali mengecek lokasi tanah retak di Dusun Kalibago Desa Kalipang, Kecamatan Grogol, , Jumat (11/2). Kedatangan tim yang terdiri dari URC BPBD , FPRB Kediri, Pemerintah Desa Kalipang, TSBD (Tim Siaga Bencana Desa) Kalipang, babinsa dan bhabinkamtibmas itu untuk melakukan asesmen lokasi retakan tanah.

Menurut Ketua TSBD , Kamid, tanah retak yang terjadi di Dusun Kalibago berpotensi menyebabkan longsor bila tidak segera diambil tindakan. Ia mengungkapkan, ada tiga rumah yang berada di bawah tanah retak yang terdampak.

"Tim Siaga Bencana Desa Kalipang sudah mengantisipasi dengan menutup retakan tanah dengan terpal. Tujuannya agar air hujan tidak masuk ke retakan tanah tersebut," kata pria yang juga Tim FPRB itu, Jumat (11/2).

Selain menutup tanah dengan terpal, pihaknya juga akan menanam akar wangi di area tanah retak sebagai langkah antisipasi. Tanaman akar wangi sudah terbukti bisa mengurangi potensi tanah longsor.

"Kami berharap warga yang berdiam dekat lokasi agar selalu waspada, mengingat setiap saat bencana bisa saja terjadi," terang Kamid.

Sebelumnya, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD , Johans Maras Ponda, menyatakan bahwa pihaknya sudah menurunkan tim ke lokasi terdampak untuk melakukan asesmen.

"Kami yakin dengan beragam langkah ini, dapat mengurangi risiko bencana yang dialami warga. Kami juga mengimbau masyarakat agar mengungsi ke tempat lebih aman, bila sekiranya membahayakan, sebab dari laporan yang diterima lokasi retakan tanah ada di dataran tinggi," kata Johans. (uji/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO