Kurangi Beban TPA, Peserta Magang Merdeka Pemkot Kediri Ciptakan Aplikasi Bank Sampah

Kurangi Beban TPA, Peserta Magang Merdeka Pemkot Kediri Ciptakan Aplikasi Bank Sampah Pengelola Bank Sampah Hijau Daun, Endang Pertiwi, saat menerima buku panduan dari Peserta Magang Merdeka Pemkot Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Melalui kegiatan pendampingan yang dimentori Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kediri, mahasiswa peserta Pemkot Kediri membuat aplikasi yang diberi nama 'Bank Sampah Digital Kota Kediri'. 

Aplikasi tersebut telah di-launching dan siap diunduh melalui Google PlayStore. Dalam upaya mempermudah nasabah, Bank Sampah Digital Kota Kediri dibekali dengan fitur informasi harga sampah, alur transaksi, peta lokasi , riwayat transaksi, serta saldo tabungan.

“Anak-anak magang merdeka sudah membuat kategorisasi dalam menentukan program sesuai kebutuhan masing-masing RT. Setelah kita mencari konsep apa yang paling bisa diimplementasikan dengan cepat tapi berdampak signifikan, disepakatilah ide tentang pengelolaan sampah,” kata Kepala , Chevy Ning Suyudi, Jumat (28/1).

Menurut dia, mahasiswa magang bersama pihaknya dan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri telah melakukan survei terkait kondisi pengelolaan sampah dari hulu hingga hilir. Alhasil, hampir semua di Kota Kediri dikelola secara manual.

Berawal dari permasalahan ini, kata Chevy, peserta magang merdeka menggagas terobosan digitalisasi semua arsip dan pencatatan di agar mudah dalam pendataan serta menghemat penggunaan kertas.

Melalui teknologi digital, kebiasaan masyarakat dalam menyetor sampah juga dapat direkam dengan baik. Ia menilai, melalui data akan lebih mudah dikelompokkan dan dianalisis pola kebiasaan setor sampahnya.

“Misalnya masyarakat suka membuang sampah jenis tertentu dalam jumlahnya sekian pada hari ini, sehingga tahu akan mengirim ke pengepul hari apa, dan sebanyak apa,” tuturnya.

Ia memaparkan bahwa aplikasi Bank Sampah Digital Kota Kediri memiliki fitur unggulan, yakni dapat mencatat harga sampah terakhir. Dengan demikian, nasabah dapat memantau harga melalui aplikasi sebelum pergi ke .

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO