Dari Pasar Malam Hingga Edukasi Lingkungan, Upaya Desa Keboananom Ciptakan Desa Wisata

Dari Pasar Malam Hingga Edukasi Lingkungan, Upaya Desa Keboananom Ciptakan Desa Wisata Para pemuda di Desa Kebonanom menciptakan spot-spot menarik sebagai tempat diskusi.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Jajaran Pejabat Desa Keboananom, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo, bersama karang taruna serta warga setempat menciptakan kawasan wisata berbasis desa.

Kawasan wisata tersebut dibuka sebuah pasar malam, atau pasar kaget guna mendorong ekonomi masyarakat desa. Sekaligus, sebagai wadah edukasi lingkungan, dan edukasi lain seperti, pembangunan wilayah desa yang baik dengan didukung lingkungan desa yang bersih.

Ketua Karang Taruna Desa Keboananom, Ammy Yoga Prajati, mengatakan tema dalam konsep kawasan wisata desa adalah Sapta Pesona Lancara (Lumbung Pangan Cahaya Bersama).

Tema itu dipilih sebagai landasan dalam kegiatan bersama mengoptimalkan bantaran sungai sebagai lahan ketahanan pangan masyarakat dengan basis program yakni, kebun bergizi, aerob, resik kali, dan teras inspiratif eksis forever (educative, creative, smart, innovative and forever).

"Dengan konsep dan tema yang tersusun, diharapkan kawasan wisata desa ini selain dapat membangkitkan kembali geliat perekonomian masyarakat khususnya para pelaku usaha mikro, kecil dan, menengah (UMKM), juga sebagai ajang edukasi antar warga bersama-sama menciptakan lingkungan desa yang baik dan bersih," katanya, Kamis (27/1).

"Nantinya, setiap Sabtu dan Minggu, akan digelar kegiatan panggung edukasi bersama tim. Misalnya, membuka sharing umum tentang lingkungan, pelatihan pembuatan produk UMKM, dan lainnya," sambungnya.

Selaku Ketua TP-PKK Desa Kenoananom, Suci Utami menyambut antusias peran masyarakat secara bersama-sama dalam menciptakan kawasan desa yang asri, bersih, serta berdaya-saing. Ia berharap tercipta perekonomian yang maju dengan didukung lingkungan desa yang nyaman.

Simak berita selengkapnya ...