Siaga Omicron, Tempat Isolasi Terpadu di Kota Kediri Siap Diaktifkan Kembali

Siaga Omicron, Tempat Isolasi Terpadu di Kota Kediri Siap Diaktifkan Kembali Tempat isolasi terpadu di Kota Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri tengah bersiaga guna mengantisipasi meledaknya kasus varian baru Covid-19, Omicron. Wali , Abdullah Abu Bakar, meminta untuk mengaktifkan kembali tempat isolasi terpadu (Isoter).

Hal itu diungkapkan usai rapat koordinasi dengan pemerintah pusat, Selasa (11/1) lalu. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) , Indun Munawaroh, menyatakan kesiapannya apabila isoter sewaktu-waktu difungsikan kembali.

“Sejak pasien terakhir pada tanggal 14 Oktober 2021 lalu hingga saat ini Isoter selalu standby. Jadi sewaktu-waktu apabila diaktifkan kembali, kami siap baik dari segi sarana prasarana hingga SDM,” ujarnya, Minggu (16/1).

Kemarin, BPBD bersama dinas lingkungan hidup, kebersihan, dan pertamanan (DLHKP) melakukan pembersihan area isoter sebelum nantinya difungsikan kembali. Agenda tersebut dilakukan mulai dari pemangkasan pohon yang sudah terlalu merimbun hingga rumput-rumput liar yang bertumbuhan.

Pihaknya juga telah menjalin koordinasi dengan sejumlah relawan yang terlibat dalam kepengurusan isoter. BPBD bakal memaksimalkan isoter yang ada di balai latihan kerja (BLK) untuk bersiaga.

“Komunikasi dengan relawan tetap kami bangun dengan baik. Kami telah berkoordinasi terkait kesiapan ambulans yang selama ini dipakai untuk mobilisasi pasien isoter dan relawan yang membantu tugas jaga di isoter,” tuturnya.

“Ketersediaan tempat tidur di BLK ada sedikitnya 130 bed yang bisa dimanfaatkan. Kami berharap semoga tidak sampai penuh, bahkan tidak terpakai. Artinya tetap aman dari acaman kasus Covid-19 utamanya varian Omicron ini,” paparnya menambahkan. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO