Cendekiawan Muslim tak Tahu Jumlah Juz Al-Quran

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 10 ini bercerita tentang seorang menteri yang juga pengurus organisasi cendekiawan muslim.

M Mas’ud Adnan - narator anekdot Gus Dur - bercerita bahwa pada akhir kekuasaan Presiden Soeharto sangat gencar pendirian organisasi cendekiawan muslim. Nah, seorang menteri yang juga pengurus organisasi cendekiawan muslim tersebut berkunjung ke pondok pesantren di Madura.

Ketika sang menteri tiba, disambutlah dengan salawat badar. Meriah sekali. Menteri itu kemudian dipersilakan duduk di ruangan besar. Di situ para kiai dari seluruh Madura hadir.

Sahibul bait (tuan rumah) yang tak lain pengasuh pondok pesantren yang dikunjungi menteri itu kemudian memperkenalkan anaknya yang masih kecil.

“Pak Menteri. Ini anak saya. Masih SD. Tapi sudah hafal al-Quran 30 juz,” kata kiai itu bangga sambil minta anak itu salaman pada sang menteri.

“Wah…bagus. Sekarang tinggal berapa juz lagi,” tanya si menteri.

Karuan aja kiai yang tuan rumah dan para kiai yang hadir sontak ingin tertawa. Tapi mereka menahan diri agar sang menteri tak malu.

“ Masak pengurus cendekiawan muslim gak tahu jumlah juz Al-Quran,” kata seorang gus yang kemudian keluar ruangan sembari tersenyum. (mma) 

Video Terkait