​Puluhan Hektar Tanaman Padi di Jombang Gagal Panen | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Puluhan Hektare Tanaman Padi di Jombang Gagal Panen

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Aan Amrulloh
Rabu, 26 Agustus 2020 14:09 WIB

Kondisi tanaman padi yang diserang hama wereng. (foto: ist).

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Puluhan hektare tanaman padi siap panen di Desa Kepuhdoko, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang diperkirakan gagal panen lantaran diserang hama wereng.

Seperti yang dikeluhkan Sukran, salah satu petani dari desa setempat, ia mengungkapkan bahwa dalam beberapa minggu ini tanaman padi miliknya habis diserang oleh hama wereng. Padahal, usia tanaman tersebut sudah sekitar 85 hari dan siap panen.

“Tanaman padi saya sudah mati semua, padahal usianya sudah cukup tua dan sebentar lagi akan panen,” ucapnya pada wartawan, Rabu (26/8/2020).

Serangan hama wereng ini, lanjut Sukran, sangat ganas. Hal itu terlihat dari daun-daun padi yang berubah menjadi coklat. Padahal, sawah seluas kurang lebih 7.500 m2 miliknya sudah dilakukan penyemprotan untuk mengusir hama wereng itu. Akan tetapi, tidak berpengaruh apa-apa dan mengakibatkan padi mati.

“Kalau sudah begini ya gagal panen Mas, bukan hanya saya saja tapi petani lainnya juga sama. Kami sudah melakukan penyemprotan bahkan tiga kali dalam seminggu, tapi hasilnya tetap sama, malah padi banyak yang mati,” pungkasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video