​Pekerja Berat, Bolehkan Tak Puasa? | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Pekerja Berat, Bolehkan Tak Puasa?

Editor: MA
Sabtu, 25 April 2020 13:37 WIB

KH Afifuddin Muhajir (kanan) bersama Syaikh Wahbah Az-Zuahilii, ulama internasional yang pernah menulis 200 kitab. foto: IST./ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bagi umat Islam yang bekerja di kantor mungkin puasa seolah tak terasa. Apalagi jika ruangannya ber-AC. Tapi bagaimana dengan para kuli yang bekerja di bawah terik panas matahari dengan pekerjaan sangat berat?

Bolehkah mereka tak puasa? Atau justru tetap wajib berpuasa? “Tidak bisa dijawab wajib puasa atau boleh tidak puasa,” tegas KH Afifuddin Muhajir, ahli fiqh yang juga Wakil Rais Syuriah PBNU kepada BANGSAONLINE.COM.

Tapi tergantung kepada individu-individunya. “Meski ada orang pekerjaannya berat, jika ia mampu berpuasa, maka wajib berpuasa,” kata Kiai Afifuddin.

Yang sering dipermasalahkan, kata Kiai Afifuddin, adalah puasa kaum muslimin yang hidup di daerah yang waktu siangnya cukup panjang sampai 20 jam. Apakah mereka boleh tidak puasa? Tergantung individu-individu. Bagi mereka yang mampu puasa, maka wajib puasa. Tapi bagi mereka yang tak sanggup puasa, tidak wajib puasa.

"Artinya, pada waktu malam hari semua orang wajib berniat pusa. Tapi pada saat siang tergantung masing-masing orang. Bagi yang mampu berpuasa maka diwajibkan melanjutkan puasa. Tapi bagi yang tak sanggup berpuasa boleh berbuka," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video