​Kenapa Orang Jepang Langsing? Diberi Gratis Mobil Alphard Menolak? Catatan KH Cholil Nafis | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Kenapa Orang Jepang Langsing? Diberi Gratis Mobil Alphard Menolak? Catatan KH Cholil Nafis

Kamis, 07 Juli 2016 07:20 WIB

KH Cholil Nafis di tengah orang Jepang yang sedang jalan kaki. foto: istimewa

TOKYO, BANGSAONLINE.com – Kiai muda Dr Cholil Nafis yang beberapa hari tinggal di Tokyo sempat mengamati kebiasaan hidup sehat orang . Kiai Cholil Nafis berada di untuk memenuhi undangan sebagai pembicara tentang kajian Islam tematis sekaligus jadi imam dan khotib Idul Fitri 1437 H. Kenapa orang langsing? Inilah tulisan kelima Kiai Cholil Nafis yang kini tercatat sebagai Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat itu untuk pembaca bangsaonline.com:

Karena warga negara dibiasakan bergerak, gagah dan sigap. Begitu kesan saya melihat gaya hidup orang di Tokyo. Makan mereka banyak bahkan konsumsi pun kadang berlebih tapi diimbangi dengan gerakan yang juga berlebih. Mereka bergerak dengan cara jalan kaki. Dalam sehari dibiasakan jalan kaki sebanyak 10.000 langkah. Bahkan bisa lebih banyak lagi bergeraknya karena fasilitas di jalan raya banyak menggunakan kereta yang harus jalan dari dan ke stasiun. Jalan-jalan di hening dan sepi sehingga menyenangkan bagi pejalan kaki. Apalagi di musim panas. Tapi jika hujan lebih nyaman jalan kali.

Mereka kadang tak mau berhenti bergerak saat mau menyeberang jalan raya. Malah saat menunggu pun mereka terus bergerak yaitu lompat-lompat seakan sedang berolahraga. Jarang mereka naik mobil pribadi karena transportasi publik nyaman dan aman. Saya keliling kota Tokyo banyak melihat orang jalan kaki atau bersepeda.

Memang terkesan lucu kalau dilihat dari budaya Indonesia. Mereka berdasi dan berjas necis lengkap dengan peralatan kantor elitnya tapi naik sepeda onthel. Sepanjang jalanan di Tokyo saya jarang melihat motor-motor berkeliaran. Hanya sedikit saja bahkan bisa dihitung jari orang yang menggunakan kendaraan motor.

Saya jalan-jalan ke Yokohama, kota di pinggir Tokyo dengan menggunakan kereta tercepat di Asia, Shinkansen. Saya menyaksikan banyak pejalan kaki dan menggunakan transportasi publik. Bahkan di sekitar pertokoan dan tempat rekreasi disediakan sepeda onthel yang disewakan bagi orang yang hendak keliling sekitar pembelanjaan dan rekreasi Yokohama.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video