7 Raperda Diusulkan dalam Paripurna DPRD Tulungagung

7 Raperda Diusulkan dalam Paripurna DPRD Tulungagung Bupati Tulungagung Sahri Mulyo menyerahkan LKPJ kepada Ketua DPRD Tulungagung Supriyono. Foto: zuli purwanto/BANGSAONLINE

TULUNGAGUNG (BangsaOnline) - Pentingnya Perda tentang Keuangan Desa merupakan salah satu Raperda yang diprioritaskan dalam pembahasan 7 raperda yang diserahkan saat sidang paripurna, di Gedung , Rabu (25/3).

Sidang dihadiri Bupati dan Wakil Bupati, Sekda, dan SKPD serta pimpinan dewan. Sidang Paripurna ini dalam Rangka Penyerahan Raperda Masa Sidang II tahun Sidang Pertama dan LKPJ Bupati Tulungagung Tahun 2014.

Ketua Banlegda (Badan Legislasi Daerah) Heru Santoso mengatakan, Raperda tentang Pengelolaan Keuangan Desa merupakan Raperda inisiatif dewan, yang menjadi prioritas mengingat keberadaan Perda ini sangat penting untuk mengatur keuangan Pemerintah Desa, sehingga menjadi dasar Pencairan Anggaran Dana Desa dan Dana Desa.

Heru mengatakan, sebelumnya ada 12 Raperda yang diusulkan tetapi menyusut menjadi 7 Raperda. Penyusutan ini karena ada skala prioritas.

“Ketujuh Raperda adalah Raperda tentang Pengelolaan Keuangan Desa/ Raperda tentang Pemilihan, Pelantikan, Masa Jabatan, Laporan dan Pemberhentian Kepala Desa, Raperda tentang Produk Unggulan Daerah, Raperda BLUD, Raperda tentang Penyelenggaraan Jalan Berkeselamatan, Raperda Perubahan Perda Tentang Perpustakaan, dan yang terakhir adalah Raperda Perubahan BPR Daerah,” kata Politisi dari PDIP ini.

Dari ketujuh Raperda tersebut, 4 di antaranya adalah inisiatif DPRD, sedangkan 3 sisanya adalah inisiatif dari Pemkab.

Selain penyampaian raperda, dalam Paripurna juga diserahkan LKPJ atau Laporan Keuangan dan Pertanggungjawaban Bupati Tulungagung Tahun 2014 lalu.

Bupati Tulungagung Sahri Mulyo dalam sambutannya mengatakan, dalam pelaksanaan pembangunan tahun 2014 lalu banyak kemajuan, di antaranya terjadi penurunan angka kemiskinan, peningkatan kesehatan serta peningkatan beberapa program yang melampaui target.

“Semuanya merupakan salah satu pencapaian visi-misi Kabupaten Tulungagung, yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat, peningkatan kesehatan, pendidikan dan infrastruktur,” kata Bupati.

Selanjutnya dokumen Raperda dan LKPJ diserahkan Bupati Tulungagung Sahri Mulyo ke Ketua Supriyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO