Kemenkumham Jatim Gelar Pelatihan untuk Pertajam Kemampuan Petugas Lapas

Kemenkumham Jatim Gelar Pelatihan untuk Pertajam Kemampuan Petugas Lapas Petugas pemasyarakatan saat mengikuti pelatihan Elemen Inti Standar Pengamanan dan Tim Tanggap Darurat.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kemampuan petugas pemasyarakatan dalam menangani gangguan keamanan dan ketertiban di lapas/rutan di jajaran Kemenkumham terus ditingkatkan. 

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan menggandeng International Criminal Investigate Training Assistance Program () dalam giat pelatihan Elemen Inti Standar Pengamanan dan Tim Tanggap Darurat.

“Deteksi dini sangat penting karena dari fungsi intelijen inilah kita bisa segera memetakan masalah dan mengantisipasi sedini mungkin segala gangguan yang akan terjadi,” kata Kakanwil Kemenkumham , Krismono, Senin (20/9).

Ia menuturkan, perubahan mindset dan menjaga komitmen menjadi kunci agar petugas pemasyarakatan tetap bekerja dengan baik dan sesuai SOP yang berlaku. Untuk itu, lanjut Krismono, pihaknya berharap ada perubahan yang signifikan setelah mengikuti kegiatan ini.

”Ini pelatihan sangat penting, karena itu segera implementasikan ilmu yang telah didapat setelah pelatihan ini berakhir,” tuturnya.

Sementara itu, Senior Corrections Adviser , Gene Langheld, mengatakan bahwa pihaknya sangat bersemangat, apalagi melihat keberagaman petugas yang menjadi bagian dalam kegiatan tersebut.

“Ada petugas senior dan petugas junior, ini sangat bagus sekali,” kata Gene.

Pria yang pernah menjabat sebagai kalapas di salah satu negara bagian Amerika Serikat tersebut mengatakan bahwa banyaknya permasalahan (lapas) di Indonesia, sebenarnya juga terjadi di wilayahnya.

“Karena itu sebaik mungkin serap ilmu yang didapat dan bagikan sebanyak mungkin kepada rekan-rekan kerja. Saya yakin ini sangat membantu anda dalam bertugas,” ucap Gene. 

Seluruh peserta pelatihan ini adalah petugas dari Lapas Surabaya dan. Agenda yang berlangsung di Hotel Luminor, Sidoarjo, itu dibuka oleh Kakanwil Kemenkumham , Krismono didampingi oleh Kalapas Kelas I Surabaya, Gun Gun Gunawan. (cat/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sempat Kabur Bawa Mobil Dinas dan Tabrak Pagar Rudenim, WNA Palestina Diamankan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO