Sekretaris Kabinet Juga Bantah Samad Bertemu Elite PDIP

Sekretaris Kabinet Juga Bantah Samad Bertemu Elite PDIP Andi Widjajanto. Foto: tempo.co.id

BangsaOnline-Sekretaris Kabinet, Andi Widjajanto ikut angkat bicara mengenai kabar adanya pertemuan antara Ketua Abraham Samad dengan pihak dalam penjaringan cawapres Jokowi tahun lalu. Andi membenarkan Samad pernah masuk bursa cawapres Jokowi, namun sebagai tim pemenangan, dirinya tidak pernah melakukan pertemuan Samad.

"Di tim memang sempat ada nama AS sebagai cawapres. Kesulitan kami di tim untuk melakukan evaluasi terhadap kemungkinan Abraham Samad menjadi cawapres ‎adalah tidak dimungkinkannya pertemuan-pertemuan karena etika kepemimpinan yang ada di ," ujar Andi di Istana Bogor, Kamis (22/1).

Maka, dalam penjaringan yang dilakukan pihaknya hanya mengandalkan data-data yang ada di media. "Jadi kami tidak bisa misalnya bertemu, wawancara dengan AS. Yang kami lakukan hanya mengandalkan media dan data-data publik yang tersedia," ucapnya.

Mengenai munculnya nama Samad, kata Andi, bukan karena usulan pengajuan dari Samad. Nama itu muncul dari di Tim 11 yang dibentuk Megawati.

"Ketika tim 11 dibentuk Bu Mega, dalam satu pertemuan di Yogya, kalau nggak salah bulan Februari, ada tujuh nama kandidat yang diusulkan, salah satunya AS. Lalu kami membantu Ibu Mega untuk menyediakan data-data yang diperlukan untuk mempertimbangkan salah satu. Dan akhirnya Bu Mega putuskan JK jadi cawapres," jelasnya.

Atas dasar itu, Andi merasa Samad tak mungkin juga bertemu dengan elite untuk membahas penjaringan. "Setahu saya itu tidak dimungkinkan. Pak AS tidak bergerak sendirian tanpa pengawal-pengawal ," ucapnya.

Mengenai pernyataan Sekjen Hasto Kritiyanto, Andi tak mau banyak komentar dulu. "Saya nggak bisa konfirmasi tentang itu. Saya belum dengar pernyataan Mas Hasto, jadi belum bisa mengkonfirmasi," tandasnya

Sumber: rmol.com

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Resmi Dipecat! Novel Baswedan dkk Letakkan Kartu Identitas KPK':