Longsor Kembali Terjadi di Jember

JEMBER (BangsaOnline) - Satu persatu Bencana terjadi di Wilayah Kabupaten Jember. Kali ini terjadi di dusun Glingsiran, padukuhan sentul, desa suci kecamatan panti.

Disebutkan kawasan yang merupakan lereng gunung Argopuro ini mengalami hingga 7 hektar kemarin. Hal ini terungkap saat Komisi D DPRD Jember menggelar Hearing bersama BPBD Jember beserta perangkat desa suci siang tadi.

Kepala Desa Suci, Nur Salim, kepada sejumlah wartawan hari selasa siang menerangkan, langkah awal yang dilakukan pihaknya adalah natisipasi bahaya bencana ini terutama mencegah terjadinya korban jiwa. Sebab, an tanah yang terjadi di perkebunan sentul jaraknya hanya 500 meter dari perumahan warga.

Tentu kondisi ini sangat mengkhawatirkan, mengingat intensitas curah hujan masih sangat tinggi. Oleh karenanya Nur Salim menginstruksikan kepada warganya yang berada di bantaran sungai dinoyo untuk segera mengungsi ke tempat yang telah disediakan Pemkab Jember, karena selain menghindari an tanah, saat ini rentan terjadi banjir bandang jika an tersebut menuju ke sungai.

Berdasarkan data yang dimilikinya, terdapat 84 KK dan 300 jiwa yang berada di kawasan itu. Nur Salim menyebutkan 30 KK diantaranya telah dievakuasi ke tempat yang aman.

Sementara kepala BPBD Jember, Suhanan menerangkan, untuk mengantisipasi terjadinya susulan dan banjir bandang, akibat intensitas hujan yang masih tinggi, pihaknya telah memberi saran kepada Bupati untuk melakukan evakuasi terhadap warga setempat yang notabenya buruh Perkebunan Sentul. Pihaknya juga telah menyiapkan fasilitas penampungan beserta kebutuhan yang diperlukan.

Untk mengetahui kondisi di lapangan secara langsung, Bupati Jember, MZA Djalal dijadwalkan akan memantau secara langsung di sentul besok (08/01).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Longsornya Gunung Batu Alam Cirebon':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO