Atasi Lubang Jalan, Bupati Gresik Luncurkan Tim URC Bima

Atasi Lubang Jalan, Bupati Gresik Luncurkan Tim URC Bima ? Bupati, Sambari HR ketika menjalankan wales untuk perbaiki jalan rusak.foto: syuhud/BANGSAONLINE

GRESIK (bangsaonline)

Keinginan duetBupati-Wabup, Sambari Halim Radianto-Moch Qosim untuk menjadikan jalan di Kabupaten Gresik bebas lubang, mulai dilakukan. Orang nomor satudan dua di Pemkab Gresik tersebutmelaunchingURC (Unit Reaksi Cepat) Bima (Bina Marga),di eks kantor Subdin Kebersihan, jalan DrWahidinSudirohusodo, Jumat (9/10).

Menurut Bupati, lounchingURC Bima tersebutmerupakan keinginannya bersama wabup sejakterpilih dan memimpin KabupatenGresik pada 27 Septembertahun 2010, lalu. " Pada empat tahun masa kepemimpinan saya dan pak Qosimkali ini Pemerintah Kabupaten Gresik membentuk tim URC Bima. Hari ini, tim yang beranggotakan 30 orang ini dilaunching, " kata Bupati usai mencoba walesuntuk perbaiki jalan yang rusak di eks kantor Subdin Kebersihan.

Bupati menjelaskan, berdirinya tim URC Bimamerupakan salah satu mimpinya sejak awal dilantik menjadi Bupati bersamaWabup,Moch Qosim. " Mimpi ini baru terwujud setelah empat tahun masa pemerintahan. Terima kasih semuanya kepada seluruh jajaran yang telah ikut mendukung mimpi saya ini, " jelasnya.

Untuk itu, Bupati menghimbaukepada semua pemangkuwilayah dibawah kendali Bupati, mulailurah, kepala desa hingga camatagar benar-benar menguasai dan hafaljalan-jalan di wilayahnya yang menjadi wewenangBina Mirga. " Jika ada , lubang atau sejenisnya langsung saja dilaporkan, tidak usah menungguadanyawarga yang melapor, " pintanya.

Bupati menambahkan,untuk yangmenjadi wewenangURC Bima untuk perbaikan, hanyalah kategori jalan Kabupaten dengan konstruksi aspal atau hotmix yang dibangun melalui anggaran APBD Gresik. Jalan ini terbentang luas mulai wilayah Gresik utara, tengah dan selatan. " Kami berharap agar seluruh tim URCBimaharus tahu dan hafal serta bisa memilah milah jalan mana yang menjadi kewajiban untuk perbaikan, " pungkasnya.

SementaraKepala DPU (Dinas Pekerjaan Umum) Pemkab Gresik, Ir Bambang Isdianto MT mengatakan, tim URC Bima dilengkapi dengan sarana prasarana untuk perbaikan jalan. Mereka harus tanggap dan cepat dalam melaksanakan tugasnya dan tidak harus menunggu perintah. " Begitu ada pengaduan laporan kerusakan jalan atau lubang jalan sekecil apapun harus segera beraksi, tidak harus menunggu sampai banyak lubang, " katanya.

Sesuai arahan Bupati,lanjut Bambang, sarana prasarana yang akan digunakan harus portable, mobile dan cepat, karena komitmennya hanya 1 X 24 jam sejak ada laporan. Untuk saat ini, sarana prasarana masih ada 1 unit, namun beberapa saat lagi semuanya sudah ada, karena mereka juga langsung beraksi sejak dilaunching.

Ditegaskan Bambang,tim URCdibebani tugas untuk mereaksi dengan cepat, yaitu 1 X 24 jam dalam perbaikan jalan. Tim ini dibagi dalam 3 unit wilayah, masing-masing berkekuatan 10 orang dan bertugas di wilayah utara, tengah dan selatan bertugas memperbaiki lubang-lubangjalan di Wilayah Gresik." Untuk wilayah tengah, tim ini bertugas di 5 kecamatan, masing-masing Kecamatan Gresik, Kebomas, Manyar, Duduksampeyan dan Cerme, " terangnya.

Agar program tersebut sinergidengan masyarakat, tim URC Bimamembuka hotline khusus, yaitu 081 222 62 62 62 dan 088801462999. Dan, dalam waktu dekat, Pemkab Gresik membuka call centre layanan bebas pulsa untuk pengaduan masyarakat dalam melaporkan kerusakan jalan atau lubang. " Sebentar lagi sekitar se minggu lagi call centrebisa digunakan, dan saat ini dalam proses, " pungkas Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Baru Dicor, Jalan Balaraja Tangerang Berantakan Lagi Dilintasi Pengendara':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO