55 Relawan Demokrasi Diberi Pembekalan Oleh KPU Sidoarjo, Apa Saja Tugasnya?

55 Relawan Demokrasi Diberi Pembekalan Oleh KPU Sidoarjo, Apa Saja Tugasnya? SIAP BERGERAK: Relawan Demokrasi bersama komisioner KPU Sidoarjo saat Bimtek, di Hotel Luminor, Sidoarjo, Jumat (25/1) malam. foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - menggelar bimbingan teknis (Bimtek) kepada 55 Relawan Demokrasi untuk Pemilu 2019 di Hotel Luminor, Jl Pahlawan Sidoarjo, Jumat (25/1) malam.

Apa saja tugas mereka? "Para relawan demokrasi ini nantinya bertugas untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan menurunkan angka golput dan suara tidak sah dalam Pemilu 2019," cetus Ketua , M Zainal Abidin, Sabtu (26/1).

Kata Zainal, Pemilu tahun ini ada lima jenis surat suara yang akan dicoblos yakni pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, calon anggota DPR-RI, calon anggota DPD RI, calon anggota DPRD Provinsi, dan calon anggota DPRD Kabupaten/Kota. 

"Jadi kita akan melakukan upaya mendorong meningkatnya pengetahuan Pemilu dan partisipasi pemilih," urai Zainal Abidin.

Lebih jauh dia menjelaskan, Relawan Demokrasi nantinya akan bertugas ke wilayah sebarannya, untuk menyosialisasikan kepada masyarakat tentang apa yang sudah dijalankan oleh

"Relawan Demokrasi juga berperan serta menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi kali ini," jelas pria yang juga dosen IAI Al-Khoziny itu. 

Ditambahkan Zainal, Relawan Demokrasi juga berfungsi membantu menginformasikan kepada masyarakat terkait waktu penyelenggaraan Pemilu 2019 di tingkat bawah. Selain itu, membantu sosialisasi tentang apa yang sudah dijalankan.

"Mereka juga bisa bekerja di komunitas yang kemudian nanti bisa menyosialisasikan kepada masyarakat tentang bagaimana pentingnya partisipasi pada pemilu," pungkas Zainal Abidin. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO