Cek DPT Pemilu 2019, KPU Sidoarjo Blusukan ke Desa

Cek DPT Pemilu 2019, KPU Sidoarjo Blusukan ke Desa MONITORING: Tim KPU Sidoarjo saat mengecek pengumuman DPT Pemilu 2019, di Kantor Desa Tropodo Kecamatan Waru, Kamis (30/8). Foto : IST

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo memastikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 diketahui masyarakat. Itu dilakukan dengan mengecek pengumuman DPT di desa-desa di 18 Kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo, Kamis (30/8).

Ketua M Zainal Abidin mengatakan, setelah ditetapkan pada 21 Agustus, DPT Pemilu 2019 untuk Sidoarjo, sebanyak 1.380.104 pemilih, dicetak dan ditempelkan di Kantor Desa/Kelurahan atau tempat strategis di 349 Desa/Kelurahan mulai 28 Agustus lalu.

Nah, untuk memastikan pengumuman DPT itu sudah ditempel, KPU mengecek ke desa di 18 Kecamatan. “Tentu tidak semua desa. Tujuannya memastikan DPT sudah ditempel dan bisa diketahui masyarakat. Sehingga kalau ada nama yang belum masuk DPT, bisa segera melapor,” bebernya, Kamis (30/8).

Bagaimana jika ada warga yang namanya belum masuk DPT? Zainal menjelaskan, warga bisa segera melapor ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa setempat, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kecamatan atau langsung ke kantor .

Begitu melapor, data warga tersebut akan didata. Warga ini nanti akan diminta mencoblos pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) sesuai tempat tinggalnya. “Warga ini bisa mencoblos di atas jam 12 sambil membawa e-KTP,” jlentreh pria berlatar belakang dosen ini.

Sekretaris Sulaiman menambahkan, blusukan mengecek DPT Pemilu 2019 ini hingga Jumat (31/8). Katanya, ada beberapa tim untuk pemantauan ini. “Hari ini saya mendampingi pak Ketua (Ketua ) ke Kecamatan Sedati dan Waru,” cetusnya. (sta/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO