Pertamina: Ada Potensi BBM Subsidi Tahun 2014 Jebol

JAKARTA(BangsaOnline)PT (Persero) menyatakan ada potensi kuota bahan bakar minyak () subsidi pada tahun 2014 jebol. Alasannya, mulai kemarin malam, kebijakan pengendalian penyaluran kuota harian bersubsidi di SPBU dihentikan.

Direktur Pemasaran dan Niaga Hanung Budya mengatakan, berdasarkan penghitungan , potensi kelebihan kuota bersubsidi mencapai 1,35 juta kiloliter (KL). "Kalau kuota tidak ditambah dan kita do nothing, hitungan kami, Premium dan solar habis sekitar Desember," katanya di Bandara Halim Perdana Kusuma, Rabu, 27 Agustus 2014.

Hanung menjelaskan, awalnya tahun ini menyalurkan bersubsidi sesuai dengan amanat APBN 2014, yakni sebesar 48 juta KL. Kuota tersebut termasuk bagian sebesar 47,04 juta KL. Belakangan, APBN Perubahan 2014 memangkas kuota tersebut menjadi 46 juta KL, dengan jatah berkurang menjadi 45,35 juta KL. "Rinciannya, Premium 29,29 juta KL; solar 15,16 juta KL; dan kerosin atau minyak tanah sebesar 900 ribu KL," ujarnya.

Berdasarkan data , kebutuhan rata-rata Premium yang disalurkan oleh hingga akhir Juli mencapai 81.132 KL, sedangkan solar 42.207 KL. Dengan kuota yang tersisa, kuota harian Premium dan solar masing-masing hanya 80.240 KL dan 41.452 KL. "Artinya, ada defisit kuota yang sangat mengkhawatirkan," ujar Hanung.

Padahal kebijakan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi berupa larangan penjualan Premium di SPBU di jalan tol, larangan penjualan solar di Jakarta Pusat, dan pengurangan pasokan bagi nelayan sebesar 20 persen tidak efektif. Dengan demikian, jika tidak ada kebijakan apa pun dari pemerintah, Premium dan solar akan habis sebelum waktunya. "Premium pada 20 Desember dan solar awal Desember."

Seperti diketahui, sesuai dengan arahan pemerintah, kini menormalisasi pasokan bersubsidi kepada masyarakat agar tidak terjadi potensi antrean yang berkepanjangan. Kemarin, Vice President Corporate Communication Ali Mundakir mengatakan normalisasi sudah dimulai malam tadi, Selasa, 26 Agustus 2014.

Sumber: tempo.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kilang Minyak Pertamina Terbakar, 5 Luka Berat, 15 Luka Ringan, Ini Suara Greepeace':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO