Lebih Irit, Surfaktan Bisa Turunkan Tegangan Permukaan

Lebih Irit, Surfaktan Bisa Turunkan Tegangan Permukaan

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mendorong para petani menggunakan produk surfaktan untuk mengirit biaya tanam. Sebab, surfaktan terbukti dapat menurunkan tegangan permukaan.

"Betul, jadi misalnya petani menggunakan 10 mililiter pestisida, kemudian dicampurkan surfaktan bisa 5 mililiter pestisida saja. Untuk pencampurannya menyesuaikan bisa 5 ml x 1 ml," terang Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura , Zainal Fanani, kemarin (14/2).
Menurut dia, surfaktan ini sifatnya dapat menurunkan tegangan permukaan. Sehingga dengan penggunaan surfaktan lebih mengirit petani menggunakan pestisida. "Tentu ongkos yang dikeluarkan petani juga lebih irit," terangnya.
Namun, hingga saat ini para petani di wilayahnya belum banyak yang tahu tentang produk surfaktan ini. Sehingga dia dan PPL di 28 kecamatan akan terus melakukan sosialisasi kepada para petani.
"Ada yang mengetahui ada yang belum. Mungkin baru sekitar 30 persen yang mengetahui dan memakai surfaktan ini," bebernya.
Sementara itu, Riki Rivaldi praktisi surfaktan dari lembaga Tertiary Irrigation Technical Assistance (Tirta) saat di Bojonegoro menambahkan, pihaknya sudah menerapkan surfaktan kepada petani di beberapa kecamatan di Kota Ledre.
"Pilot projects kami paling sedikit setengah hektar di setiap kecamatan, tentu akan kita kembangkan terus. Tiga kecamatan lain menjadi target kami, salah satunya Kecamatan Trucuk," paparnya.
Secara kumulatif, lanjut dia, sudah sekitar 4.000 petani yang menggunakan surfaktan saat melakukan perawatan tanaman padi. Sehingga dengan melihat luas wilayah Bojonegoro, dia mentargetkan. (nur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO