​ Pemkab Izinkan Bekas TPA Digunakan Grasstrack Oleh IGMS


SIDOARJO (bangsaonline) - Di Kabupaten Sidoarjo ini merupakan kota gudangnya pembalap grasstrack dan motocross. Pembalap-pembalap Sidoarjo seringkali berprestasi menjadi juara pada kejuaraan level kejurda (kejuaraan nasional) dan kejurnas (kejuaraan nasional) maupun kejuaraan international, tentunya ini merupakan suatu kebanggaan bagi Sidoarjo.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Umum IGMS (Ikatan Grasstrack & Motocross Sidoarjo, Dangir Hery Suyanto, ST, Minggu (13/7). Tetapi prestasi ini sangat berbanding terbalik dengan ketersediaan sarana latihan dalam hal ini sirkuit yang tidak ada di wilayah Kabupaten Sidoarjo. "Untuk itu kami IGMS selaku organisasi yang mewadahi para pembalap dan team balap grasstrack/motocross yang ada di Kabupaten Sidoarjo berupaya untuk meminta dukungan ke pemerintah setempat. Untuk bisa meminjamkan atau menyediakan lahan yang nantinya akan kami pergunakan untuk sirkuit,"harap Dangir.

Akhirnya jerih payah IGMS membuahkan hasil, berkat dukungan pemerintah setempat. " Kami diizinkan untuk memakai sebagian lahan milik pemda di daerah lingkar timur. Yang awalnya adalah eks TPA yang tidak terurus dan kotor, tetapi sekarang menjadi Sirkuit motocross yang kami bangun sedemikian rupa bagusnya dgn panjang lintasan sekitar 1, 2 km dan luas area sekitar 1 hektar dengan sumber dana swadaya dari para anggota IGMS dan donatur,"tutur Dangir.

Pada hari Sabtu (12/3) kemarin, tambah Dangir, IGMS melakukan peresmian dengan mengundang para pembalap motocross se-wilayah gerbangkertosusila, tokoh masyarakat sekitar dan pejabat pemerintah daerah."

Acara peresmian sirkuit yang kita beri nama " Sidoarjo IGMS Motorsport" berlangsung sangat meriah dan menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Sidoarjo, terutama dibulan puasa ini, setiap sore bisa ngabuburit dengan melihat latihan motocross."tegas Dangir.

Lanjut Dangir, sirkuit ini disain dengan karakter sesuai regulasi yang telah ditentukan oleh Peraturan IMI Indonesia, sehingga sirkuit ini sudah sangat layak dipakai sebagai sarana latihan untuk meningkatkan skill dan prestasi para pembalap Sidoarjo dan nantinya akan dibuka semacam Motocross School bagi anak-anak dan pemula dengan instruktur pembalap senior dan mantan pembalap nasional. Serta kedepannya nanti disirkuit ini juga akan dilaksanakan kejuraan/event balap level kejurda, kerjurnas maupun internasional."

Harapan kami sirkuit ini akan berumur lama, tidak mengganggu agenda/program pembangunan Pemkab Sidoarjo. karena biaya yg kami keluarkan untuk membangun sirkuit ini menghabiskan dana yang tidak sedikit dan kami para pembalap motocross Sidoarjo ini juga merupakan atlit olahraga yang sama seperti cabang olahraga lainnya, yang membutuhkan pembinaan dan dukungan dari Pemkab Sidoarjo karena prestasi kami di kanca balap nasional membawa nama Kabupaten Sidoarjo,"ujar Dangir yang juga kontraktor Sidoarjo ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO