Pemkab Pasuruan Targetkan Tahun ini Bebas Buta Huruf

Pemkab Pasuruan Targetkan Tahun ini Bebas Buta Huruf ilustrasi

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkab menargetkan pemberantasan 18.000 warga masyarakat bisa tuntas hingga akhir tahun ini. Untuk itu, Pemkab melalui Dinas Pendidikan berusaha menyukseskan program dasar membaca dan keterampilan. Tak tanggung-tanggung, snggaran yang disiapkan untuk program tersebut senilai Rp 7,9 miliar.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten , Iswahyudi, yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com menuturkan bahwa program tersebut sejatinya sudah dimulai sejak 2014. Ia mengklaim puluhan ribu warga sudah terbebas dari buta huruf dan kini bisa membaca dan menulis berkat program tersebut.

“Di 2017 ini, Dinas Pendidikan berencana akan menyelesaikan kekurangan dari program yang sudah digulirkan sejak tahun 2014,” kata Iswahyudi saat ditemui di kantornya, kemarin (27/3).

Menurutnya, program itu didasari atas banyaknya di wilayah Kabupaten . Berdasarkan data BPS tahun 2013, setidaknya terdapat 37.525 di wilayah Kabupaten .

"Berangkat dari situlah, Pemkab menggulirkan program keaksaraan bagi warga yang mengalami . Diawali tahun 2014, dengan pemberian pembelajaran keaksaraan dasar bagi 10 ribu warga. Mereka terbagi seribu kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang," paparnya.

Total anggaran yang digulirkan Pemkab mencapai Rp 3,6 miliar. Program itu berlanjut tahun berikutnya. Di mana, ada 10 ribu warga yang kembali disentuh program tersebut, dengan anggaran yang sama.

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO