Pendaftar PPDB Online Kota Mojokerto Membludak

Pendaftar PPDB Online Kota Mojokerto Membludak Para Pendaftar PPDB Online saat verifikasi data di sekolah. Foto:aris/BANGSAONLINE

MOJOKERTO (bangsaonline) - Pendaftar online datang langsung ke sekolah yang dituju di Kota Mojokerto, untuk verifikasi data, jumlahnya membeludak.

Hingga siang kemarin, pendaftar masih sibuk melengkapi berkas persyaratan pendaftaran. Ini belum termasuk pendaftar yang memilih jalur online lewat internet di masing-masing sekolah.

Walikota Mojokerto H Mas’ud Yunus mencanangkan mulai Tahun 2014 Wajib Belajar 12 Tahun, dan penerapan Online Tahun 2014. “Pemberlakuan pendidikan gratis dengan tujuan untuk memberikan pelayanan maupun kesempatan mendapatkan pendidikan yang seluas-luasnyakepada seluruh warga Kota Mojokerto, dan untuk peningkatan mutu pendidikan. Di samping itu, kali pertama Kota Mojokerto mengadopsi online. Dengan anggaran mencapai Rp 200 juta, sistem penerimaan siswa baru ini dilakukan secara online,” kata wali kota kepada BANGSAONLINE, kemarin (30/6).

Walikota memaparkan, dalam Tahun 2014 ini, Dinas Pendidikan dan semua sekolah negeri yang ada di Kota Mojokerto telah mempersiapkan diri. “Belum ada temuan resmi kalau ada tarikan. Para Kepala Sekolah telah menjalankan aturan Online gratis dengan baik. Berkat dukungan penuh dari semua pihak, mudah-mudahan Online yang pertama di Kota Mojokerto akan dapat berjalan dengan lancar dan kondusif,” harapnya.

Parmanto (54) warga Kecamatan Magersari mengatakan, sangat memberikan apresiasi terhadap penerapan Online dan pendidikan gratisnya. "Tidak ada tarikan sama sekali alias gratis tis,” kata Parmanto.

"Kami memprediksi, akan banyak siswa baik dari luar kota maupun dalam kota yang menyerbu. Sebab, sekolah di Kota Mojokerto gratis. Apalagi tahun ini sudah dengan sistem online. Lebih terbuka dan akuntabel karena semua nilai siswa akan bergerak otomatis mengikuti rangking pagu," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto Hariyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO