Sambut Libur Akhir Tahun, Banyuwangi Siapkan Pelayanan Terbaik Wisatawan

Sambut Libur Akhir Tahun, Banyuwangi Siapkan Pelayanan Terbaik Wisatawan

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Sebentar lagi liburan akhir tahun yang bertepatan dengan natal dan tahun baru akan tiba. Pada momen ini jumlah wisatawan yang datang ke Banyuwangi diprediksi bakal meningkat tajam.

Untuk menjamin pelayanan terbaik bagi para wisatawan selama musim liburan tersebut, Dinas Pariwisata dan Budaya (Disbudpar) mengumpulkan para pelaku wisata, Kamis (17/11).

Acara ini dihadiri oleh Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI), Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Paguyuban Usaha Tempat Rekreasi (Putri), dan pelaku wisata lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Banyuwangi, MY Bramuda mengatakan, pada masa liburan Natal dan tahun baru, wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi dipastikan akan mengalami lonjakan tajam. Karena itu pemerintah kabupaten Banyuwangi ingin memastikan, jika semua stakeholder pariwisata bisa memberikan pelayanan terbaiknya bagi semua wisatawan yang akan datang.

“Selain pelayanan terbaik, kami juga meminta agar para pelaku wisata bisa memperhatian masalah kenyamanan dan kebersihan lokasi wisata maupun hotel masing-masing. Kami ingin para wisatawan mendapatkan kesan terbaik selama berada di Banyuwangi,” ujar Bramuda.

Selain itu, Bramuda juga menekankan masalah keamanan bagi para pengunjung wisata. Dia meminta agar pengelola wisata bisa memberikan jaminan kemanan bagi setiap wiatawan. "Kami juga minta agar para pelaku usaha juga memberikan asuransi pada pengunjung," kata Bramuda.

Bramuda mengatakan peningkatan pengunjung di liburan akhir tahun, biasanya mulai terasa pada 23 Desember. Biasanya peningkatan jumlah wisatawan rata-rata sebanyak 50 persen. Bahkan di dua destinasi wisata favorit Kawah Gunung Ijen dan Pantai Pulau Merah, bisa mencapai 400-500 persen.

"Di Ijen dan Pulau Merah bisa meningkat 400-500 persen. Sedangkan obyek wisata lainnya meningkat 50 persen. Ijen misalnya, dari 1000 pengunjung di hari biasa bisa mencapai 4000 hingga 5000 pengunjung di masa long weekend," kata Bramuda.

Pada momen tersebut secara khusus Bramuda juga meminta agar para pemuda desa yang tergabung dalam Pokdarwis bisa mempersiapkan diri untuk menyambut liburan panjang Natal dan tahun baru ini. Ini karena, Pemerintah Banyuwangi juga mengembangkan ekowisata berbasis desa.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO