Angkat Batik Khas Gresik, Ketua PDIP Dirikan Rumah Batik

Angkat Batik Khas Gresik, Ketua PDIP Dirikan Rumah Batik Ketua DPC PDIP Gresik, Hj. Siti Muafiyah saat melaunching Rumah Batik Sarinah Gresik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua DPC PDIP Kabupaten Gresik, Ir. Hj. Siti Muafiyah mendirikan butik bernama Rumah Batik Sarinah. Pendirian butik yang baru dilaunching kemarin ini dilatarbelakangi masih banyaknya masyarakat umum yang belum mengetahui batik khas Gresik, khususnya warga Gresik sendiri.

Rumah Batik Sarinah ini beralamatkan di Jalan Dr. Wahidin SH No. 328 Kecamatan Kebomas, tepatnya bawah minimarket, Indomaret.

Menurut Hj. Siti Muafiyah, tujuan didirikannya rumah batik sarinah Kabupaten Gresik untuk mengangkat ikon batik asal Kabupaten Gresik. Sebab, diakui atau tidak Kabupaten Gresik kaya akan batik. Namun, banyak yang tak dikenal oleh masyarakat karena kurangnya pembinaan dan dikembangkan. Bahkan, banyak batik khas Gresik yang punah karena tidak adanya generasi yang meneruskan.

"Berangkat dari keprihatinan ini, kami mendirikan rumah batik sarinah," kata Ketua Sarinah Kabupaten Gresik ini.

Politisi senior di Gresik ini menyatakan, batik yang dijual dan dipamerkan dalam gerai rumah batik sarinah sangat banyak. Batik itu di antaranya, batik khas Gresik corak damar kurung, pudak, batik lawas giri, warna alam, dan 2 ular. Juga ada batik Sambari (Bupati Gresik), dan batik Jokowi (Presiden RI ke-7).

"Kami terus menggali batik khas Gresik agar tidak punah sehingga bisa terus dilestarikan generasi penerus," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO