Orkes Keroncong Delta Irama, Nyaris Tinggal Nama

Orkes Keroncong Delta Irama, Nyaris Tinggal Nama Orkes Keroncong Delta Irama, berlatih demi kecintaan mereka kepada musik ini. foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com – Orkes keroncong legendaris asal Kota , Delta Irama, nyaris tinggal nama. Ini dikarenakan sulitnya mencari generasi penerus yang menyintai musik keroncong.

Bahkan orderan untuk tampil pun sangat jarang. “Paling-paling, dalam satu bulan, kami hanya manggung 1 – 3 kali saja,” kata Teguh Wibowo, satu personel dan koordinator Keroncong Delta Irama.

Bahkan, untuk mengenalkan dan mengundang anak muda untuk menyintai musik keroncong, Delta Irama kerap mengenalkan di Pendopo Alun-alun , bahkan keliling di kawasan Mayjen Sungkono , setiap Jumat malam. “Tetap saja tak ada yang suka,” keluh Teguh.

“Dulunya, pada tahun 1980-an punya cukup banyak grup musik keroncong yang tersebar di 18 kecamatan. Namun, sampai saat ini, Keroncong Delta Irama adalah satu di antara tujuh yang bertahan. Dan itu pun tersebar di berbagai kecamatan,” kenag Teguh.

Teguh pun, kalau manggung dengan teman-temannya yang usianya tak lagi muda semua.

Orkes keroncong ini sebetulnya sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Waktu itu namanya OK Delta. Namun, karena sepi tanggapan dan kesibukan masing-masing anggota, orkes ini pun vakum. Baru pada 1999 Teguh menghidupkan lagi orkes ini dengan nama OK Delta Irama.

“Saat vakum, saya dan beberapa penggemar keroncong berusaha melestarikan musik lawas ini dengan bermain bersama. Semacam jam session. Lama-kelamaan semua personel terisi yaitu: Teguh (Cello), P. Heru (Biola), P. Lanu (Bass), P. Yudi (Ukulele), Joko (Tenor), P. Agus (Melodi). Penyanyi : Sri Retno, B. Endang, B Utami, B. Hartini, P. Suroso.

“Tak mudah mempertahankan keroncong di tengah masyarakat yang gila dangdut dan pop. Meski begitu, kami tetap berlatih dan bermusik dengan gembira,” kata dia. (faratitidewi/UTM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO