Ketua MUI Jatim Minta Holland Bakery Segera Daftarkan Sertifikasi Halal

Ketua MUI Jatim Minta Holland Bakery Segera Daftarkan Sertifikasi Halal KH Abdusshomad Buchori

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia () Jawa Timur KH Abdusshomad Buchori mengapresiasi sikap kritis masyarakat - termasuk pers - terhadap produk makanan dan minuman yang diragukan kehalalannya.

”Di Indonesia ini kan mayoritas muslim, tapi masyarakat kadang ragu untuk mengkonsumsi makanan karena belum jelas kehalalannya,” kata KH Abdusshomad Buchori kepada bangsaonline.com, Senin malam (5/9/2016).

Pernyataan Kiai Abdusshomad Buchori itu disampaikan menjawab pertanyaan bangsaonline.com tentang keresahan masyarakat Jawa Timur terkait kasus Holland Bakery yang diragukan kehalalannya. Ia minta masyarakat hati-hati dalam mengomsumsi makanan dan minuman. "Kalau ragu kehalalannya lebih baik tidak dimakan dan ditinggalkan," katanya.

BERITA TERKAIT:

Kiai Abdusshomad menegaskan bahwa selama ini memang belum bisa mewajibkan semua produk makanan dan minuman untuk mengikuti an. ”Jadi selama ini hanya berdasarkan kesadaran dan kejujuran para masyarakat (pengusaha) saja,” katanya.

Namun ke depan – tegas Kiai Abdusshomad – semua produk makanan dan minuman harus jelas kehalalannya. ”Sekarang kan sudah ada Undang-Undang (UU) no 33 tahun 2014 tentang produk halal,” tegasnya. UU ini mewajibkan semua makanan dan minuman ber.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO