Djoko Direkom Jadi Calon Sekda Gresik, Pejabat Meradang

Djoko Direkom Jadi Calon Sekda Gresik, Pejabat Meradang Djoko Sulistia Hadi

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kabar kalau Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto sudah merekomendasi Djoko Sulistia Hadi, sebagai calon Sekda (sekretaris daerah) Pemkab Gresik terpilih membuat kegaduhan di kalangan pejabat.

Mereka tidak sejalan dengan kebijakan Bupati tersebut. Sebab, selama berkiprah di jabatan Kepala Inspektorat yang notabene penegak hukumnya birokrasi, karier Djoko dianggap tidak cemerlang.

Djoko juga dianggap tidak sukses menegakkan aturan yang menyeret para PNS. Khususnya soal pelanggaran peraturan kepegawaian. Sebagai contoh, banyaknya PNS (pegawai negeri sipil) yang terjerat kasus hukum, bahkan telah divonis dan menjalani hukuman, tetapi tetap aman menjadi PNS.

Juga banyak PNS yang melanggar etika kepegawaian seperti perselingkuhan. Namun, tidak ada tindakan tegas.Sehingga, kasus perselingkuhan kalangan PNS kian menjamur. Khususnya, di lingkup Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan.

"Memang kami akui banyak pejabat, khususnya kalangan eselon II yang tidak setuju kalau pak Djoko yang ditunjuk Pak Bupati menjadi sekda," kata salah satu pejabat di lingkup kantor Pemkab Gresik, Rabu(31/8).

Menurut dia, kalau nantinya Bupati terbukti benar menunjuk Djoko menjadi calon sekda dan melantiknya, maka bisa dipastikan roda birokrasi akan stagnan (mandek). Keguyuban pejabat yang diharapkan selama ini untuk mewujudkan teamwork dalam bekerja memerbaiki tata kelola roda birokrasi dan Kabupaten Gresik, tidak akan terwujud.

"Bagaimana hal itu bisa terwujud kalau pejabat yang dipimpin tidak sejalan. Itu sama dengan bertepuk sebelah tangan," tukas pejabat tersebut. Pertimbangan lain, adalah karena Djoko kurang 2 tahun lagi mau memasuki pensiun. Sehingga, kalau dia pensiun, maka Bupati akan kembali menggelar lelang lagi. "Anggaran untuk lelang pejabat itu besar, mencapai ratusan juta, bahkan bisa meliaran," pungkasnya.

Sebelumnya, tiga kandidat yang dinyatakan lolos seleksi oleh tim lelang jabatan sekda, diserahkan kepada Bupati, Sambari Halim Radianto. Ketiganya adalah, Moh. Najikh yang sekarang menjabat Kepala Diskop UKM dan Perindag, Djoko Sulistio Hadi yang menjabat Kepala Inspektorat, dan, Agus Budiono yang menjabat Kepala Bapemas.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO