KPU Kota Batu Gelar Tes Tulis Calon PPK

KPU Kota Batu Gelar Tes Tulis Calon PPK Suasana seleksi tertulis calon anggota PPK di SDN 02 Junrejo, Rabu (29/6).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu sesuai jadwal menyelenggarakan seleksi tertulis untuk calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) dalam pilkada Kota Batu 2017. Seleksi tertulis ini dilaksanakan di SDN 02 Junrejo, Kecamatan Junrejo, Rabu (29/6).

Ketua KPU Kota Batu, Rochani menjelaskan sebenarnya ada 52 pendaftar yang mengembalikan formulir ke kantor KPU, namun setelah proses seleksi administrasi, ada 5 peserta yang tak lolos karena masih di bawah umur 25 tahun dan satu peserta masih tercatat sebagai kader salah satu partai politik.

Rochani menjelaskan para peserta mengerjakan soal tulis dengan sejumlah pertanyaan. "Ada 75 soal berbentuk pilihan ganda atau multiple choice, dan 5 soal essay dengan bobot nilai 25. Pengerjaan soal tersebut harus diselesaikan dalam waktu 2 jam," kata Rochani.

Materi yang diujikan, lanjut Rochani, adalah tentang kepemiluan, tupoksi PPK, verifikasi calon independen, pemutakhiran data pemilih, pemungutan dan penghitungan serta rekapitulasi hasil suara.

"Usai seleksi tertulis ini, akan dilanjutkan tes wawancara yang akan dilaksanakan Jumat (1/7). Sehingga Sabtu bisa diplenokan dan Minggu (3/6) akan ditetapkan anggota PPK yang lolos," tambahnya.

Rochani berpesan pada peserta yang tidak lolos nanti, masih bisa berperan dalam pilkada Kota Batu 2017 mendatang, misalnya sebagai PPS (panitia pemungutan suara), Panwascam (panitia pengawas kecamatan), maupun PPL (panitia pengawas lapangan).

"Panwascam, PPL, maupun PPS juga sama-sama penyelenggara, jadi yang tidak lolos di PPK ini bisa ambil peran yang lain," tutup Rochani. (dik/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO