IPNU-IPPNU Tuban Istiqomah Gelar Festival Tonglek

IPNU-IPPNU Tuban Istiqomah Gelar Festival Tonglek foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

SUWANDI, BANGSAONLINE.com - Demi meramaikan semaraknya puasa ramadhan, Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Tuban menggelar kegiatan tonglek yang di buka di alun-alun Tuban, Jum’at (24/6) malam. Acara tersebut istiqomah digelar setiap datangnya bulan suci ramadhan.

Ketua PC IPNU Tuban, Ahmmad Nu Falahudin kepada BANGSAONLINE.com mengatakan, kegiatan tonglek ini sudah digelar sejak lama. Terhitung mulai 1992 tradisi ini sudah diadakan oleh para alumni. Hingga sampai saat ini tradisi lomba tonglek masih dipertahankan untuk menghibur masyarakat Tuban.

“Karena tonglek ini merupakan hasil karya masyarakat Tuban, dan diyakini sebagian masyarakat merupakan peningglan Mbah Sunan Bonang. Untuk itu kami berusaha tetap menjaga tradisi ini,” terang Udin sapaan akrabnya.

Udin menjelaskan, sebelum dilombakan, awalnya tradisi tonglek ini hanya sebagai alat pembangun sahur. Namun, oleh para alumni IPNU dan IPPNU tradisi kuno ini terus ditampakkan. Kemudian, pada 1996 acara festival tonglek mulai menggeliat.

“Alhamdulillah sampai saat ini keluarga besar IPNU dan IPPNU Tuban istiqomah menggelar acar tonglek ini. Bahkan, setia PAC juga mengadakan kegiatan serupa dan secara serentak,” ucapnya penuh syukur.

Dalam perlombaan ini aturan mainnya hampir sama seperti tahun sebelumnya. Yakni, tidak meninggalkan kenthongan dari bambu dan berupa gong. Tetapi, seiring perkembangan waktu setiap tim boleh menggunakan simbal maupun drum. Sedangkan, jumlah tim yang ikut lomba tersebut sebanyak 50 tim dan setiap tim ada 10 sampai 18 personil.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO