Ribuan Kondom Dibagikan Gratis di Bojonegoro

Ribuan Kondom Dibagikan Gratis di Bojonegoro Kepala sekretariat Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Bojonegoro, Jhonny Nur Harianto. foto: eky nurhadi/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Komisi Penanggulangan Aids (KPA) , membagikan sebanyak 3.466 biji kondom kepada 37 puskesmas, serta kepada organisasi Aliansi Pita Merah di .

Tujuannya, untuk meminimalisir penularan penyakit HIV/Aids yang dilakukan melalui hubungan suami istri. Ribuan kondom itu juga diserahkan langsung kepada penderita HIV/Aids atau ODHA.

"Dengan banyaknya penderita HIV/Aids tentu kami miris, sehingga kita lakukan gerakan ini," ujar Sekretaris KPA , Jhony Nur Harianto, Selasa (5/4/16).

Ia menyebutkan, pada tahun 2015 lalu di wilayahnya ditemukan sebanyak 186 penderita HIV/Aids. Namun, pada 2016 hingga bulan April ini ia belum bisa menyebutkan jumlahnya. "Yang pasti ada, hampir setiap bulan kita dapat laporan warga yang menderita HIV/Aids," ujarnya.

Selama ini, lanjut dia, korbannya adalah kalangan ibu rumah tangga. Kebanyakan mereka tertular dari suaminya yang suka jajan di luar (berhubungan dengan wanita lain di luar).

Selain bagi masyarakat yang belum terkena virus HIV/Aids, ribuan kondom tersebut juga dianjurkan kepada warga yang sudah positif HIV. "Agar kekebalan tubuh mereka tetap terjaga," jelasnya.

Dengan pembagian kondom tersebut, ia berharap kasus HIV/Aids di berkurang. Ia juga mengimbau kepada lelaki yang sudah beristri agar tidak melakukan hubungan badan dengan wanita lain.

"Begitu juga bagi para pemuda jangan sampai melakukan perbuatan seks bebas, karena risikonya di belakang hari sangat besar," tandasnya. (nur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO