285 Desa di Lamongan Belum Bebas BABS

285 Desa di Lamongan Belum Bebas BABS Bupati Lamongan Fadeli dan dr. Fida Nuraida saat pencanangan PIN Polio di Pendopo Kecamatan Kembangbahu. foto: nurqomar/ BANGSAONLINE

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten memiliki 474 desa dan kelurahan. Sayangnya, baru 189 desa dan kelurahan yang dinyatakan sudah berstatus Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

"Jadi masih ada 285 desa yang belum bebas BABS," ungkap Bupati Fadeli saat pencanangan Pekan Imunisasi Naisonal (PIN) Polio di Pendopo Kecamatan Kembangbahu, Selasa (8/3).

Dia meminta ada strategi dan konsep yang terstruktur, baik target serta programnya untuk menuntaskan tujuan bebas BABS. “Strateginya harus terstruktur. Jangan cari gampangannya, misalnya hanya dengan memberikan uang ke warga. Sehingga di periode kedua ini saya ingin menghadiri acara bebas BABS, “ pesan dia.

Selain terkait ODF, dia juga meminta untuk Dinas Kesehatan melanjutkan kinerja yang sudah cukup bagus di bidang kesehatan. Seperti Angka Kematian Ibu di yang tercatat sebesar 74,23 per 100 ribu kelahiran, sudah di atas angka Jawa Timur yang 89,6 per kelahiran.

Sementara Angka Kematian Bayi yang sebesar 6,22 per 100 ribu kelahiran hidup, juga di bawah angka Jawa timur yang sebesar 8,7 per 100 ribu kelahiran hidup.

“Kepada ibu-ibu yang memiliki bayi usia 0 hingga 59 bulan agar tetap membawa anaknya ke Pos PIN untuk diimunisasi polio. Meski sebelumnya sudah menerima imunisasi lainnya, seperti campak dan DPT di Puskesmas maupun rumah sakit," pungkas dia.

Sementara menurut Kepala Dinas Kesehatan Fida Nuraida, kegiatan PIN Polio di itu bagian dari gerakan untuk mempertahankan status Indonesia yang sudah memperoleh sertifikat bebas polio dari WHO sejak Maret 2014.

Pekan PIN di akan dilaksankan di sebanyak 1.915 Pos PIN hingga 15 Maret mendatang. Sementara jumlah bayi usia 0-59 bulan yang ditargetkan menerima imunisasi gratis itu sebanyak 83.391 anak. (qom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO