​Hormati Hari Nyepi, Pengeras Suara Adzan-Khotbah Salat GMT di Balun Lamongan Dimatikan

​Hormati Hari Nyepi, Pengeras Suara Adzan-Khotbah Salat GMT di Balun Lamongan Dimatikan Pawai Ogoh-ogoh yang digelar umat Hindu di Desa Balun Kecamatan Turi Lamongan Jawa Timur. Foto: Nurqomar Hadi/ BANGSAONLINE

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com – Para tokoh agama -terutama Islam- di Desa Balun Kecamatan Turi Jawa Timur benar-benar menjadi contoh kongkrit tentang praktik toleransi antarumat beragama. Praktik toleransi ini bisa disaksikan secara nyata dalam kasus Hari Umat Hindu yang bertepatan dengan Gerhana Matahari Total (GMT). Pengeras suara adzan dan khotbah salat GMT ditiadakan untuk menghormai Hari Umat Hindu.

"Selama nyepi ini, tidak ada pengeras suara selama 24 jam, jadi mulai Subuh tadi sampai besok (Kamis/10/3/), sesuai dengan perayaan ," terang Suwito, Ketua Ta'mir Masjid Miftahul Huda, Rabu (9/3/2016). Masjid Miftahul Huda ini terletak di Desa Balun Jawa Timur.

Menurut Suwito, sikap ini merupakan tindaklanjut kesepakatan bersama untuk menjunjung toleransi di desa yang juga di kenal sebagai Desa Pancasila ini. Karena di Desa Balun, selain agama Islam, juga ada warga yang beragama Hindu dan Kristen. "Kami sebagai pengurus takmir sudah sepakat dan memahami perayaan dari teman-teman umat Hindu," jelas Suwito.

Menurut dia, umat Islam melaksanakan salat gerhana matahari yang juga bertepatan dengan umat Hindu melaksanakan Hari Suci Tahun Baru Saka 1938, 9 Maret 2016. Maka loudspeaker Masjid Miftahul Huda tidak dibunyikan oleh takmir masjid. "Kita tetap melaksanakan salat Gerhana Matahari," kata Suwito.

"Saat adzan ataupun Khotib berkhotbah tidak ada suara yang terdengar dari speaker atau towa Masjid Miftahul Huda," kata Suwito.

Pantauan bangsaonline.com, pada Rabu (9/3) ini sedikitnya 250 orang umat Hindu di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Jawa Timur merayakan Hari Raya dan Tahun Baru Caka 1938.

Lihat juga video 'Melihat Ritual Tawur Agung Kesanga yang Digelar Umat Hindu di Bajulan Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO