Lebih Sering Ngopi Kurangi Resiko Multiple Sclerosis

Lebih Sering Ngopi Kurangi Resiko Multiple Sclerosis Ngopi dulu ah.... foto: repro mirror.co.uk

LONDON, BANGSAONLINE.com - Orang yang minum banyak kopi setiap hari, memiliki kemungkinan 30 persen penurunan risiko Multiple Sclerosis (MS). Demikian hasil penelitian terbaru.

Multiple Sclerosis atau disebut juga dengan sklerosis multipel (ganda) adalah penyakit progresif yang muncul akibat sistem kekebalan tubuh yang secara keliru menyerang selaput pelindung saraf atau mielin dalam otak dan saraf tulang belakang. Akibatnya komunikasi antara otak dengan bagian-bagian tubuh yang lain akan terganggu.

Setidaknya, jika mau menggelogok kopi 900 ml setiap hari.

Para peneliti dari Institut Karolinska di Stockholm, Johns Hopkins University di Maryland,dan Universitas California, Berkeley, melakukan studi ini. Studi di Swedia ini melibatkan 1.620 orang dewasa dengan penyakit MS dan kelompok perbandingan 2.788 orang tanpa MS.

Yang kedua, studi di AS melibatkan 1.159 orang dengan MS dan 1.172 orang sehat. Dalam studi kedua, orang ditanya tentang konsumsi kopi dan berapa lama mereka telah minum kopi.

Para peneliti membandingkan, adanya asupan kopi sebelum dimulainya gejala MS pada mereka yang terjangkit, dan dibandingkan dengan kelompok sehat.

Hasil penelitian, risiko MS menyerang orang yang sedikit meminum kopi. Dalam studi Swedia, minum kopi dikaitkan dengan resiko MS, dengan rentang waktu lima dan 10 tahun sebelumnya.

Di antara mereka yang minum enam cangkir kecil (lebih dari 900 ml) setiap hari, didapat angka 28 – 30 persen terhindar dari MS daripada non-peminum kopi. Hasil yang sama ditemukan dalam studi AS, dengan 26 - 31 persen risiko lebih rendah bagi peminum kopi.

Sumber: mirror.co.uk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO